Cara Memutihkan Gigi Alami dan Permanen

Cara Memutihkan Gigi Alami dan Permanen – Memiliki gigi yang putih, tidak memiliki karang gigi ataupun gigi berlubang merupakan dambaan bagi semua orang. Pasalnya selain wajah yang bersih, gigi yang putih serta nafas yang harum akan menambah daya tarik anda baik dalam menarik lawan jenis atauupun saat berbisnis.

Sehingga, tidak sedikit orang untuk melakukanperawatan gigi yang sebenarnya bisa dilakukan secara alami. Banyak keunggulan memutihkan gigi secara alami, diantaranya tidak memiliki efek samping, hasilnya permanen serta harga murah dan bisa dilakukan sendiri. Sebelumnya, alahkah baiknya untuk mengetahui penyebab gigi menguning yang nantinya agar bisa anda hindari hal – hal yang menyebabkan gigi berubah warna.

Penyebab Gigi Berwarna Kuning

  • Email gigi yang mulai memudar. Penyebab ini biasanya dialami oleh orang tua diatas 50 tahun, akibat dari penapisan email gigi. Email gigi sendiri merupakan lapisan terluar dari gigi yang melindungi serta memberi warna pada gigi.
  • Konsumsi kopi dan teh. Terlalu banyak mengkonsumsi kedua minuman ini bisa menyebabkan warna gigi berubah. Hal ini dikarenkan kopi atau teh akan meninggalkan warna hitam / kuning pada gigi jika dalam jumlah banyak dan intensitas yang sering.
  • Kebiasaan merokok akan menyebabkan gigi anda menguning. Selain itu, bau mulut juga kurang enak. Hindari merokok jika ingin mendapat gigi yang putih bersih.

Cara Memutihkan Gigi Alami dan Permanen

  • Bersiwak

Bersiwak sudah sejak dulu digunakan untuk membersikan gigi dan mulut sebelum adanya pasta gigi dan sikat gigi. Bahkan membersihkan gigi menggunakan siwak “bersiwak” merupakan salah satu sunnah rosulullah. Hal ini menandakan bahwa bersiwak sudah digunakan pada jaman dulu, tepatnya pada jaman Nabi Muhammad SAW.

Siwak merupakan pohon Salvodora Persica yang digunakan bagian batang atau akarnya saja. Kemudian bisa anda tumbuk ujungnya (agar menjadi serabut) kemudian bersihkan. Setelah itu, bisa digunakan untuk menggosok – gosok bagian seluruh mulut termasuk gigi.

  • Arang Kayu

Arang kayu merupakan hasil pembakaran dari kayu  – kayu sehingga membentuk sebuah sisa berwarna hitam. Arang kayu biasa digunakan untuk memanggang sate. Namun, fungsi yang lainnya yakni dapatmemutihkan gigi secara permanen. Sedikit aneh bukan ? tapi ini ada faktanya.

Cara penggunaannya, anda bisa mengambil 1 – 2 bongkah arang kayu, kemudian anda haluskan. Setelah itu, gunakan untuk menggosok – gosok seluruh bagian gigi secara merata agar hasilnya sempurna. Setelah selesai, berkumur menggunakan air hangat.

Baca Juga  Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Yang Jarang di Ketahui

Memutihkan Gigi Menggunakan Arang Kayu tidak boleh dilakukan secara sering, maksimal 3 kali dalam seminggu. Jika terlalu sering akan mengakibatkan email gigi menipis.

  • Kulit Jeruk

Mendengan kata jeruk mungkin sudah sangat familiar ditelinga, buah yang kaya akan Vitamin C ini sangat baik untuk kesehatan. Namun, yang disayangkan adalah banyak masyarakat hanya memanfaatkan atau mengkonsumsi buahnya saja, sedangkan kulitnya dibuang. Padahal, kulit jeruk sangat ampuh untuk memutihkan gigi dan membersihkan karang gigi. Tidak semua jeruk bisa digunakan, diantaranya jeruk lemon, jeruk sunkis dan jeruk bali.

Cara penggunaannya sangat mudah, ambil kulit jeruk kemudian anda ambil bagian putih pada kulit jeruk (sebaliknya kulit luar) menggunakan sendok, kemudian gunakan untuk menyikat gigi (pengganti odol). Lakukan cara ini berulang kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kulit jeruk mampu memutihkan gigi karena sifat asamnya yang begitu kuat.

  • Buah Apel

Mungkin tidak banyak yang sadar bahwa mengkonsumsi apel secara tidak langsung dapat membersihkan gigi. Buah apel mengandung serat dan senyawa astrigen mampu untuk membersihkan gigi secara alami. Selain itu, gesekan dari gigitan antara daging buah dan gigi secara tidak langsung akan membersihkan gigi dari karang ataupun kotoran yang menempel. Dengan mengkonsumsi buah apel, anda mendapat 2 manfaat yakni zat gizi didalamnya serta gigi yang bersih.

  • Batu Bata Merah

Batu bata merah yang digunakan untuk membangun tembok rumah, bisa anda manfaatkan untuk memutihkan gigi dengan mudah. Gigi kuning dan karang gigi bisa hilang jika anda menggosokkan bata merah yang halus ke gigi anda. Yang perlu diperhatikan yakni dalam pemilihan bata, usahakan untuk menggunakan bata merah yang masih bersih atau baru.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bau Mulut Yang Tidak Sedap

Baca juga : Cara mengbati gigi ngilu karena berlubang

Demikian ulasan mengenai Cara Memutihkan Gigi Alami dan Permanen, mudah bukan ? yang perlu anda perhatikan yakni untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa dilakukan secara rutin kemudian hindari penyebab – penyebab gigi kuning diatas.