Cara Menghitung Umur Kehamilan Paling Akurat

Cara Menghitung Umur Kehamilan Paling Akurat

Cara Menghitung Umur Kehamilan Paling Akurat – Kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu – tunggu oleh pasangan yang baru menikah. Namun, bagi kebanyakan pasangan suami istri yang baru menikah telat untuk mengetahui usia kehamilannya.

Padahal mengetahui usia kehamilan secara dini akan sangat berpengaruh kepada kesehatan janin yang dikandung. Dengan mengetahui usia kehamilan secara dini sehingga anda dapat mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk janin seperti asupan vitamin dan lain sebagainya. Dengan hal inilah nantinya janin akan lahir menjadi bayi yang sehat.

Cara Menghitung Umur Kehamilan Paling Akurat

Untuk mengetahui umur kehamilan bisa menggunakan beberapa metode yang dianggap paling akurat. Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui atau menghitung usia kehamilan.

Menghitung Usia Kehamilan dari HPHT

HPHT adalah singkatan dari Hari Pertama Haid Terahir yang nantinya bisa untuk menentukan usia kehamilan.

Menghitung usia kehamilan menggunakan HPHT ini mudah dilakukan jika anda merupakan wanita yang memiliki siklus haid teratur (per 28 hari atau per 30 hari). Jika tidak maka tidak bisa menghitung menggunakan metode ini.

Untuk rumusnya adalah (tanggal HPHT +7), (bulan haid terahir -3), (tahun haid terahir+1) rumus ini diciptakan oleh Neagele. 

Jadi, misalnya anda haid terhir pada tanggal 17 Agustus 2018 maka perhitungannya adalah (17 + 7),(8 -3), (2018 +1). Maka HPL (Hari Perkiraan Lahir) pada 24 Mei 2019.

Namun, bagaimana jika bulan HPHT tidak bisa dikurangi dengan angka 3 seperti pada rumus ? untuk memecahkan masalah tersebut anda cukup menambahkan 9 ditahun yang sama. Jadi, jika HPHT pada 17 Februari 2018 maka HPL akan jatuh pada tanggal 24 November 2018.

Mengitung Usia Kehamilan Menggunakan Metode USG

USG atau Ultrasonografi merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mendeteksi keadaan janin didalam kandungan. Berbeda dengan metode HPHT, metode USG ini anda tidak bisa melakukannya sendiri dan butuh bantuan dari dokter kehamilan.

Baca Juga  Manfaat Daun Binahong Sebagai Tanaman Herbal

Ada dua tipe pemeriksaan USG yakni USG Transvaginal dan USG Transabdominal. Keduanya memiliki perbedaan ditempat pemeriksaan. Untuk usia awal kehamilan menggunakan metode Transvaginal dengan memeriksa janin melalui jalur kelahiran. Untuk transabdominal yakni melalui kulit perut ibu. Hal ini bisa dilakukan jika kandungan sudah cukup membesar.

Dengan menggunakan metode USG anda akan bisa mengetahui umur kandungan dan juga hari perkiraan lahir dengan saat akurat setelah selesai melakukan scaning.

Menghitung Menggunakan Pita Ukur

Mungkin ini akan sedikit agak aneh, tapi kenyataannya banyak yang menggunakan metode ini untuk mengetahui umur kehamilan. Ya, menggunakan pita ukur atau sering dikenal dengan “meteran” jahit. Caranya yakni dengan mengukur dari tulang kemaluan hingga puncak rahim. Cara ini bisa dilakukan jika umur kehamilan sudah lebih dari 20 minggu oleh tenaga ahli.

Menghitung dengan Pergerakan Bayi dalam Perut

Pergerakan bayi dalam perut ibu menandakan bahwa janin sudah menjadi bayi dan memiliki organ tubuh. Bayi akan mulai aktif didalam perut ibu biasanya yang dilakukan adalah menendang – nendang perut ibu. Jika anda sudah merasakan hal ini biasanya umur kehamilan berkisar 16 hingga 20 minggu. Namun, perkiraan umur ini hanya untuk kira – kira saja. Pasalnya disetiap kehamilan memiliki pergerakan bayi yang berbeda – beda didalam perut ibu.

Demikian ulasan mengenai Cara Menghitung Usia Kehamilann Paling Akurat mudah bukan ? anda bisa menerapkan salah satu cara diatas sebagai refrensi. Namun, yang paling penting adalah tetap untuk menjaga kondisi kesehatan ibu dengan mengkonsumsi buah dan sayur serta rajin olahraga ringan untuk menguatkan rahim.

Tags: