Cara Mengobati Penyakit Kanker

Cara Mengobati Penyakit Kanker – Segala jenis penyakit tentu saja pasti ada obatnya, tak terkecuali penyakit kanker. Penyakit yang dikenal mematikan ini ternyata ada beberapa metode untuk menyembuhkannya. Memang faktor utama dari kesembuhan suatu penyakit ialah dari positive thinking si penderita, namun anda juga harus melakukan beberapa hal sebagai bentuk usaha anda. Dijaman modern ini, bukan hanya bedah saja untuk mengangkat penyakit kanker, namun ada beberapa cara. Diantaranya ialah Kemoterapi dan Radioterapi. Berikut ini adalah Pengobatan penyakit kanker.

1. Operasi

Operasi merupakan salah satu metode yang ampuh untuk mengangkat kanker. Mengingat kanker merupakan sel yang membelah secara abnormal, dengan dilakukannya pembedahan diharapkan dapat mengangkat sel sel tersebut. Sebelum dilakukannya pembedahan, dokter akan memeriksa letak kankernya dengan menggunakan sinar Rotgen. Setelah ditemukan adanya benjolan, maka akan segera dilakukan pembedahan. Ada salah satu jenis kanker yang tidak bisa dilakukan pembedahan, kanker tersebut ialah kanker Nasofaring. Karena kanker ini terletak sangat dalam dan tidak dimungkinkan untuk dilakukan pembedahan.

2. Kemoterapi

Apabila proses pengangkatan kanker, jika hal ini tidak dimungkinkan untuk dilakukan, maka metode lain yang bisa digunakan ialah Kemoterapi. Kemoterapi ialah sebuah metode menghilangkan kanker dengan cara merusak sel sel kanker dengan obat kimia. Efek samping dari kemoterapi biasanya rontoknya rambut, sel sel normal juga ikut rusak, mual atau muntah munta, penurunan jumlah sel darah putih, darah merah, trombosit dan beberapa kasus pasien yang tidak kuat akan meninggal.

3. Radioterapi Photon

Radioterapi ialah sebuah metode penyembuhan kanker dengan menggunakan sinar radiasi yang berenergi tinggi. Sebenarnya sinar radiasi inilah salah satu penyebab terjadinya kanker. Namun jika dapat dikendalikan, sinar ini mampu “merusak” sel kanker di dalam tubuh. Biasanya ada yang menjadikan radioterapi ini sebagai pengobatan kanker tunggal (tanpa dikombinasi dengan metode lainnya). Namun ada pula yang mengkombinasikannya dengan kemoterapi atau pembedahan. Terapi ini hanya berlangsung selama 1 sampai 5 menit saja. Namun dalam waktu tersebut, pasien dituntut untuk diam dan tidak bergerak selama terapi berlangsung. Hal ini ditujukan agar sinar radiasinya tepat mengenai sasaran.

Baca Juga  7 Pola Hidup Sehat Yang Akan Memperpanjang Umur

4. Radioterapi Proton

Ini merupakan metode terbaru dalam pengobatan kanker. Sama halnya dengan radioterapi photon yang menggunakan sinar, namun radioterapi proton menggunakan partikel proton dalam penyembuhannya. Ada banyak kelebihan jika menggunakan proton ini ketimbang dengan radiasi photon.. Diantaranya ialah lebih minimal dalam resiko. Karena radiasi ini akan berefek lebih kecil ketimbang radiasi photon. Selain itu, namun sayang radiasi proton ini belum hadir di indonesia, diperkirakan tahun 2020 atau 2021 baru akan hadir. Dan itu merupakan salah satu alat radioterapi satu satunya di asia tenggara.

Tags: