Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Aman dan Cepat

Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Cepat Secara Alami

Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Aman dan Cepat – Hipertensi atau Darah Tinggi merupakan penyakit degeneratif (tidak menular) yang cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini tidak membedakan status sosial ataupun jenis kelamin. Pasalnya, tidak sedikit orang remaja ataupun dewasa terserang hipertensi. Padahal dahulu darah tinggi identik dengan penyakit orang tua atau manula.

Hipertensi adalah penyakit dimana terjadi tekanan yang sangat tinggi pada bagian pembuluh darah arteri yang dapat menyebabkan gangguan dari fungsi ginjal. Mengingat dampak yang ditimbulkan dapat menyebabkan kematian, darah tinggi termasuk kedalam penyakit yang berbahaya. Maka sebaiknya mungkin untuk anda hindari.

Cara menurunkan tensi darah tidak dapat dilakukan dengan spontan. Terdapat beberapa proses tubuh untuk menyesuaikan tekanan darah menjadi normal kembali. Paling cepat adalah 1 hari dari diet atau makanan yang dikonsumsi. Maka dari itu, diperlukan untuk menjaga pola makan sehingga hipertensi tidak “kumat”.

Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Aman dan Cepat

Menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi tidaklah sulit. Yang sulit yakni untuk menjaga dalam keadaan normal. Tekanan darah normal orang dewasa yakni 90/60 mmHg – 120/80 mmHg. Jika setelah anda melakukan tensi dan didapati angka seperti diatas, maka status tekanan darah anda masih dalam keadaan normal. Jika sudah diatasnya atau 150/90 mmHg maka anda harus sesegera mungkin untuk menjaga pola makan. Pasalnya, itu sudah tergolong kedalam hipertensi tahap 1.

Untuk menurunkan darah tinggi selain menggunakan obat, anda juga bisa mengatur mulai dari pola makan atau jenis makanan yang anda makan. Anda harus mengetahui mengenai makanan apa saja yang dapat menyebabkan tekanan darah dalam tubuh menjadi tinggi.

Cara Jitu Menurunkan Darah Tinggi

Berhenti Mengkonsumsi Garam

Garam merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena kandungan Natrium atau Sodium yang terkandung didalam garam. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk menghidarai makanan yang mengandung natrium. Untuk mengetahuinya, anda bisa melihat dibagian label makanan yang anda beli. Biasanya banyak terdapat dalam “ciki – cikian”.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama Yang Menghitam

Hindari Konsumsi Kopi

Kopi ahir – ahir ini menjadi sebuah trend bagi kalangan remaja hingga dewasa. Sampai tengah malam “nongkrong” di kedai coffe menghabiskan beberapa gelas kopi tanpa disadari. Namun, apakah kalian tahu bahwa selain rokok, kopi merupakan sumber kafein ?.

Dari beberpa penelitian dilaporkan bahwa dalam satu gelas kopi dapat meningkatkan hingga 10 mmHg tekanan darah anda pada saat sebelum mengkonsumsi kopi. Hal ini sangat berbahaya bukan ? jika saat tekanan darah kita berada dalam batas normal bagian atas, dengan menengguk kopi satu gelas saja langsung berubah menjadi darah tinggi.

Rutin Berolahraga

Olahraga secara rutin merupakan kegiatan yang menyehehatkan tubuh kita. Karena banyak sekali racun yang keluar dari keringat, serta menguatkan otot, tulang dan sistem pernafasan, membakar lemak dan lain sebagainya. Menerapkan olahraga secara rutin sejak usia muda akan berdampak pada hari tua yang sehat yang tentunya terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Olahraga bersifat fleksibel, lakukan sekuat anda. Misalnya, jika sudah cukup tua anda bisa melakukan jalan – jalan pagi, bersepeda, lari – lari kecil dan lain sebagainya.

Menghindari Stress

Stres seringkali mendatangi disetiap orang,bayak fikiran menjadi salah satu alasannya. Beberapa hormon menjadi tidak stabil pada saat datangnya stres. Tidak terkecuali tekanan darah. Hal ini dikarenakan stres biasaya diikuti dengan emosi yang tinggi. Membuat persempitan dipembuluh darah dan dapat menyebabkan penyakit jantung yang mendadak.

Memperbaiki Pola Makan

Makan merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan kita tetap hidup. Dan apa yang anda makan merupakan cerminan kesehatan anda dimasa depan. Sehingga, dengan anda mengkonsumsi makanan bergizi seimbang diusia muda nantinya akan anda petik diusia muda dengan tubuh yang bugar dan sehat.

Baca Juga  Ciri-ciri Hamil Muda Secara Fisik dan Hormon

Ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk penderita hipertensi diantaranya bayam, pisang, jeruk, alpukad, yougurtm outmeal dan bawang putih. Selain itu, ada juga makanan pantangan atau makanan yang harus dihindari.

Demikian ulasan mengenai Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Aman dan Cepat. Selain itu, anda juga harus menghindari rokok, minuman bersoda dan minuman beralkohol.

Tags: