Ciri-ciri Hamil Muda Secara Fisik dan Hormon

chibenk
Total
Shares

Pernikahan merupakan hal yang paling ditunggu sebagian besar wanita atau pria single. Mengarungi bahtera rumah tangga bukanlah semudah membalikkan tangan. Tidak semua pasangan diberi anugerah mendapatkan buah hati dalam rumah tangga. Banyak cara ditempuh agar sosok malaikat kecil segera hadir memeriahkan dunia mereka. Oleh karena itu, baik pasangan yang mendapat anak dari sebuah perjuangan panjang atau suami istri yang diberi jalan mudah memiliki momongan perlu mengetahui ciri-ciri hamil muda. Deteksi kehamilan sedini mungkin agar jabang bayi memperoleh nutrisi yang dibutuhkan sehingga bisa lahir dengan sehat.

 

Banyak wanita beranggapan jika masa menstruasi yang telat datang merupakan satu-satunya tanda seseorang sedang mengandung. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena saat seorang wanita hamil maka secara otomatis masa haid tidak akan datang selama bulan-bulan mengandung sampai waktu kelahiran. Menstruasi adalah proses peluruhan dinding rahim karena tidak adanya pembuahan yang terjadi. Apabila sel telur berhasil dibuahi maka lapisan tebal pada kandungan akan tetap dipertahankan untuk asupan makanan janin. Jika periode datang bulan anda selalu telat pastikan kehamilan dengan ciri-ciri hamil muda yang lain.

 

Deteksi Kehamilan dari Ciri-ciri Hamil Muda Pada Diri Sendiri

Ketika masa kehamilan tiba biasanya ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan bentuk fisik dan hormon yang sudah bisa dideteksi saat trimester pertama. Jika anda suka menonton film atau drama pasti akan mengatakan tanda kehamilan sederhana lainnya adalah sering merasa mual. Karena beberapa alur cerita sinetron sering mengidentikkan seorang wanita yang sedang hamil muda dengan rasa mual berlebihan. Lalu, kenapa mual termasuk ciri-ciri hamil muda?

 Sering merasa mual

Ciri-ciri Hamil Muda Secara Fisik dan Hormon

Rasa mual yang sering dirasakan bunda hamil merupakan dampak dari hormon estrogen yang kadarnya lebih tinggi dari kondisi sebelum kehamilan. Peningkatan kadar hormon dikarenakan  adanya produksi estrogen dari janin & plasenta. Kegiatan enzim pencernaan yang berkurang menyebabkan ibu hamil mengalami morning sickness alias mual pada pagi hari. Ciri-ciri hamil muda yang satu ini umumnya memang terjadi ketika usia kandungan 4 – 8 minggu. Namun, kondisi mual ketika usia janin 14 hari juga dialami banyak orang. Sehingga bisa dikatakan jika masa wanita hamil mengalami rasa ingin muntah tergantung pada kondisi masing-masing.

 Cepat merasa lelah

Apabila bunda akhir-akhir ini merasa cepat lelah, ada kemungkinan sedang dalam masa kehamilan. Kelelahan sering dialami oleh ibu hamil dengan usia kandungan tujuh sampai empat belas hari. Sehingga wajar jika wanita hamil menambah jam tidurnya untuk menghilangkan rasa lelah tersebut. Keadaan tubuh sering mengalami keletihan ini disebabkan oleh kerja ekstra yang dilakukan organ tubuh dalam upaya memenuhi kebutuhan makanan dan nutrisi jabang bayi. Salah satu dampaknya adalah hormon progesteron secara alami menjadi depresan untuk sistem saraf, yang mana kelebihan hormon tersebut menyebabkan rasa kantuk sering datang.

 Bentuk tubuh berubah

Pembesaran bagian tubuh tertentu memang menjadi salah satu ciri-ciri hamil muda yang paling mudah dilihat. Bagian perut yang sebelumnya rata akan semakin bertambah besar seiring berjalannya waktu sampai jabang bayi dilahirkan. Sehingga para ibu hamil harus memakai pakaian yang benar-benar longgar & nyaman selama kurang lebih sembilan bulan. Ternyata tidak hanya perut saja yang mengalami penambahan ukuran. Paha, lengan, bokong, dan dada juga ikut membesar.

 

Bagian payudara juga dipastikan akan mengalami perubahan yaitu volume ukuran bertambah. Kondisi itu terjadi karena tubuh sedang mempersiapkan calon ibu untuk memproduksi air susu yang kaya nutrisi terutama bagi wanita yang baru hamil pertama kali. Rasa sakit dan nyeri ketika payudara disentuh adalah ciri-ciri hamil muda yang umum.

 Intensitas buang air seni meningkat

Selalu ingin buang air kecil memang wajar dialami calon ibu yang sedang menjalani masa kehamilan. Faktor penyebabnya adalah kondisi janin yang terus berkembang setiap waktunya, usia kandungan yang terus bertambah akan berbanding lurus dengan ruang yang dibutuhkan janin. Bayi dalam rahim akan mengisi sebagian besar ruang dalam perut sehingga lama kelamaan akan menekan ke bagian kantong kemih. Tekanan inilah yang menyebabkan intensitas buang air kecil meningkat saat hamil.

 Merasakan nyeri perut

Menstruasi tidak teratur

Ciri-ciri hamil muda yang kelima yaitu merasakan nyeri perut dan flek darah. Ada perbedaan warna darah yang keluar dari seorang ibu hamil dan darah menstruasi. Flek darah biasanya berwarna sedikit lebih terang pada rentan waktu 10 sampai 14 hari usia kandungan. Proses keluarnya darah tersebut juga membawa rasa nyeri serupa dengan yang anda rasakan saat masa haid akibat membesarnya kantong rahim.

 Hipersalivasi atau lebih sering meludah

Ibu hamil akan meludah lebih sering karena perubahan drastis hormon estrogen yang umumnya akan menghilang dengan sendirinya. Masa hipersalivasi biasa didapat pada 3 bulan pertama. Namun, tidak semua ibu hamil mengalami kondisi ini.

 Lebih peka dengan bau & rasa

Pemilihan makanan dengan rasa yang asam seperti mangga muda bisa dikategorikan sebagai salah satu dari ciri-ciri hamil muda. Hal itu dipicu oleh beberapa hal akibat perubahan hormon-hormon. Makanan bercita rasa asam akan membantu meredakan rasa mual yang sering melanda setiap pagi dan menambah nafsu makan. Masa kehamilan juga dapat membuat anda lebih sensitif terhadap bau yang tidak pernah dialami sebelumnya. Sehingga sangat wajar apabila banyak wanita yang sedang dalam kondisi mengandung tiba-tiba ingin makanan tertentu atau sering disebut ngidam.

 Sakit kepala

Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Cepat Secara Alami

Rasa sakit pada beberapa bagian tubuh memang sering sekali dialami oleh kebanyakan wanita yang sedang hamil, salah satunya adalah sakit di bagian kepala. Meningkatnya sirkulasi dalam darah akibat hormon yang berubah menjadi pemicu pusing kepala seperti sedang berlayar di atas laut. Untuk mengatasi ciri-ciri hamil muda ini bisa dengan mengonsumsi air putih & istirahat yang cukup. Jika ingin minum obat sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan anda.

 

Tahap pencegahan sakit kepala bisa dimulai dengan mengatur porsi makan selama hamil. Disarankan mengonsumsi makanan dengan porsi kecil tapi lebih sering. Kendalikan rasa stres anda karena masalah-masalah yang ada, rutin berjalan kaki dan berolahraga yang dianjurkan lainnya seperti yoga. Seleksi lebih ketat makanan yang akan masuk ke tubuh anda, sebaiknya tidak mengandung pemanis buatan, perasa makanan seperti MSG, makanan yang sudah difermentasi, dan ikan asap.

Baca juga : Cara agar cepat hamil

 

Delapan ciri-ciri hamil muda yang sudah dipaparkan di atas bisa menjadi gambaran bagi anda yang sedang mengalami kondisi-kondisi tersebut. Tapi bukan berarti ketika anda mengalami salah satu ataupun beberapa dari kedelapan tanda tersebut menandakan kondisi sedang hamil. Perjuangan seorang ibu untuk melahirkan buah hatinya memang tidak mudah. Beberapa kondisi khusus bisa langsung ditanyakan kepada dokter agar janin tetap sehat sampai proses kelahiran.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cara Menghilangkan Tinta Bekas Sulam Alis

Cara Menghilangkan Tinta Bekas Sulam Alis

Cara Menghilangkan Tinta Bekas Sulam Alis – Alis adalah rambut halus yang tumbuh dibagian atas mata. Fungsi alis yakni untuk melindungi mata dari keringat atau zat yang lainnya yang turun…
View Post
Makanan Penyebab Usus Buntu Yang Harus Dihindari

Makanan Penyebab Usus Buntu Yang Harus Dihindari

Makanan Penyebab Usus Buntu – Usus buntu atau yang sering disebut umbai cacing merupakan salah satu bagian dari organ pencernaan tepatnya terletak di bagian usus besar. Dianamakan usus buntu, karena…
View Post
Mengenal Lebih Dalam 3 Jenis Posisi Bayi Dalam Kandungan

Mengenal Lebih Dalam 3 Jenis Posisi Bayi Dalam Kandungan

Memiliki buah hati tentu menjadi dambaan tiap pasangan. Tidak heran jika kehamilan selalu menjadi momen spesial untuk siapapun, baik kehamilan pertama atau kehamilan selanjutnya. Tentunya setiap Ibu hamil selalu berusaha…
View Post
Asupan Makanan Untuk Menambah Berat Badan Janin

Ciri Ciri Orang Hamil Yang Paling Akurat

Ciri Ciri Orang Hamil Yang Paling Akurat – Kehamilan merupakan hal yang paling dinantikan oleh pasangan suami istri apalagi yang baru menikah. Setelah mengandung selama kurang lebih 9 bulan, kemudian…
View Post
Ciri ciri kemandulan

Ciri Ciri Wanita Mandul Sebelum Menikah Yang Harus Diketahui

Ciri Ciri Wanita Mandul – Kemandulan atau Infertilitas dalam bahasa medis merupakan sebuah gangguan terhadap sistem reproduksi. Kemandulan dapat menyerang siapa saja, baik laki – laki ataupun perempuan. Namun, dalam…
View Post
Berat badan ideal

cara menambah berat badan secara sehat

cara menambah berat badan secara sehat – Berat badan merupakan masalah yang sedikit kompleks, berat badan yang berlebihan akan mendapatkan atau rentan terhadap penyakit yang dipengaruhi oleh obesitas. Begitu pula…
View Post