Ciri Ciri Wanita Mandul Sebelum Menikah Yang Harus Diketahui

Ciri Ciri Wanita Mandul – Kemandulan atau Infertilitas dalam bahasa medis merupakan sebuah gangguan terhadap sistem reproduksi. Kemandulan dapat menyerang siapa saja, baik laki – laki ataupun perempuan. Namun, dalam kenyataannya “mandul” lebih banyak terjadi kepada wanita.

Mandul juga dapat diartikan sebagai kegagalan atau tidak berhasil. Dalam hal ini dimaksudkan pada saat proses fertilisasi atau pembuahan terjadi kegagalan. Baik sel sperma yang tidak mampu menembus sel telur ataupun disebabkan oleh hal lain.

Bagi pasangan suami istri adanya kemandulan dari salah satu pasangan pasti sangat tidak menyenangkan. Pasalnya, tujuan dari pernikahan yang semula memperoleh keturunan hilang sirna. Akibatnya, mereka mengadopsi anak yang dipercaya dapat memancing proses kehamilan. Nah, bagi anda yang belum menikah ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai tingkat kesuburan organ intim anda. Agar nantinya dapat diatasi sebelum melakukan pernikahan.

Ciri Ciri Wanita Mandul Sebelum Menikah

Ciri – ciri kemandulan pada wanita sebenarnya ada banyak indikator yang bisa diambil. Tetapi, tanda – tanda dibawah ini patut diwaspadai mengenai kemandulan. Sehingga, nantinya anda bisa mengambil langkah sedini mungkin untuk mengatasi kemandulan dan memeriksakannya ke dokter.

Siklus Menstruasi

Menstruasi tidak teratur

Baca juga : Cara melancarkan haid

Siklus menstruasi bisa menjadi indikator utama kemandulan, tetapi bukan berarti positif mandul. Untuk mengetahui positif atau tidaknya anda bisa mengkonsultasikannya ke dokter kemudian dilakukan uji laboratorium.

Siklus menstruasi yang tidak teratur serta datang secara tiba – tiba (tidak sesuai jadwal) bisa manjadi indikasi awal kemandulan. Siklus haid normal pada wanita yakni 21 hingga 35 hari. Jika kurang ataupun lebih dari waktu tersebut sebaiknya untuk memeriksakannya ke dokter. Pasalnya, menstruasi sendiri merupakan kejadian dimana dinding – dinding sel telur runtuh akibat tidak dibuahi. Dan kejadian menstruasi biasanya dari yang pertama hingga ahir akan cenderung (hampir) sama. Jika ada perbedaan maka itu patut untuk dicurigai.

Baca Juga  Cara menghilangkan gatal dan penyebab gatal

Selain itu, volume darah yang keluar disaat menstruasi juga bisa menjadi ciri kemandulan pada wanita. Jika pada awal menstruasi  volume darah yang kelaur lebih banyak ataupun sedikit hal ini perlu diwaspadai. Pasalnya, terganggunya siklus menstruasi biasanya mempenbaruhui kedalam kesehatan organ reproduksi.

Pernah Keguguran

Keguguran saat hamil

Jika anda salah satu wanita yang pernah mengalami keguguran sebaiknya untuk waspada terhadap kesehatan organ reproduksi. Maka dari itu, saat proses kehamilan jaga baik baik kandungan anda dengan istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan yang sehat da bergizi.

Rambut Rontok

Rambut rontok

Rambut rontok dapat menjadi indikasi ciri ciri wanita mandul sebelum menikah. Rambut rontok pada wanita bisa disebabkan karena hormon tiroid pada  wanita yang sedang tidak normal. Selain itu juga bisa dikarenakan konsumsi protein yang kurang dan terjadi anemia.

Penyakit Yang Menyertai

Mengidap sebuah penyakit dapat menjadi penyebab atau indikasi dari kenapa anda susah untuk mempunyai anak. Sehingga, jika anda mengetahui penyakit tersebut dan mengobatinya sebelum ingin mempunyai momongan. Beberapa diataranya obesitas, terlalu kurus, diabetes, tbc dan beberpa penyait lainya.

Pengaruh Usia

Berbeda dengan laki – laki, wanita memiliki waktu subur yang terbatas. Biasanya wanita berumur 30 – 35 tahun tingkat kesuburannya sudah mulai menurun dan seiring dengan bertambahnya usia akan terus menurun. Nah, maka dari itu idealnya wanita untuk menikah yakni diusia 20 – 25 tahun. Karena diusia – usia tersebut, wanita sedang dimasa keseburannya.

Demikian ulasan mengenai Ciri Ciri Wanita Mandul Sebelum Menikah. Untuk mencegah kemandulan anda bisa menerapkan pola hidup yang sehat seperti makan makanan yang bergizi dan olahraga teratur.

Tags: