Memahami Dampak Biopsi,Apakah Berbahaya?

dampak biopsi

Memahami Dampak Biopsi,Apakah Berbahaya? – Biopsi adalah proses pengambilan sebagian kecil jaringan dari tubuh seseoran atau pasien untuk diperiksa lebih lanjut. Sampai saat ini, biopsi adalah satu-satunya cara yang bisa digunakan untuk memeriksa adanya sel kanker atau tidak secara pasti.

Namun sebagian orang memilih tidak melakukan prosedur biopsi ini karena dianggap terlalu berbahaya bagi kesehatan, apakah itu benar?. Biopsi terbukti ampuh untuk mendeteksi ada atau tidak kanker di dalam tubuh seseorang.

Sebenarnya ada beberapa prosedur lain yang bisa digunakan untuk mendeteksi ada atau tidaknya sel kanker yakni seperti ct-scan atau rontgen. Namun yang paling bisa mendeteksi dengan tepat dan detail ialah Biopsi. Dengan prosedur Biopsi, bisa diketahui lebih lanjut jenis sel kanker, juga stadiumnya begitu juga dengan tumor. Namun jika hanya menggunakan CT-Scan dan juga rontgen,hanya bisa dilihat ada atau tidak sel kankernya.

Biopsi bisa dilakukan dengan beberapa cara, beberapa macam jenis biopsi pada umumnya adalah :

  1. Biopsi dengan menggunakan jarum
  2. Biopsi dengan operasi (jika posisi tumor tidak bisa dicapai jarum)
  3. Endoskopi, dengan memasukkan selang kecil berkamera untuk memantau dan mengambil sebagian contoh jaringan (biasanya digunakan rumah sakit berteknologi tinggi)
  4. dengan mengerok jaringan tipis kulit

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan didapat hasil bahwa biopsi memiliki persentasi ketepatan mencapai 90% untuk mendeteksi ada atau tidaknya penyakit kanker. Dari penelitian lain, didapatkan hasil bahwa persentase keberhasilan orang-orang yang sembuh dari kanker melewati pemeriksaan biopsi lebih tinggi dibandingkan dengan orang-orang yang tidak menjalani pemeriksaan biopsi.

Hal ini dikarenakan bahwa, dengan pemeriksaan biopsi kita bisa mendapatkan hasil yang lebih mendalam sehingga bisa diketahui jenis pengobatan apa yang diperlukan untuk kanker atau tumor tersebut.

Baca Juga  Keputihan Saat Hamil, Normal atau Tidak?

Apakah Dampak Biopsi? Berbahaya Atau Tidak?

Setiap prosedur tentu mempunyai resiko yang besar, termasuk juga biopsi. Namun sejauh ini, peluang keberhasilan biopsi jauh lebih besar dibandingkan kegagalannya.
Kemudian beberapa orang berpendapat bahwa biopsi dapat memicu menyebarnya sel-sel kanker baru yang bisa menimbulkan kanker di lokasi yang berbeda.

Dalam beberapa kasus,hal itu memang benar adanya, namun jika kita melihat lebih luas, tingkat resiko berbahaya biopsi masih sangat rendah dan masih terbilang aman jika prosedurnya dilakukan dengan tepat.