Memahami Lebih Jauh 3 Fakta Pemilik Golongan Darah O

Fakta Pemilik Golongan Darah O

Mengenal 3 Fakta Pemilik Golongan Darah O – Golongan darah merupakan molekul-molekul yang terdapat dari hasil perpaduan antara antibodi dan antigen dalam plasma darah. Ada 4 jenis golongan darah yang kita kenal yakni A, B, AB, dan O.

Pengklasifikasian tersebut diciptakan oleh Karl Landsteiner, Seorang dokter asal Austria. Pembagian golongan darah juga berkaitan dengan yang dinamakan rhesus (Rh). Beberapa orang yang memiliki kandungan rhesus dalam darahnya.  Artinya ia termasuk kedalam penggolongan darah positif yakni A+, B+, AB+, dan O+ begitupun sebaliknya. Jika tidak ditemukan kandungan rhesus didalam darah, maka dipastikan golongan darahmu adalah negatif.

Fakta Pemilik Golongan Darah O

Diantara 4 jenis golongan darah yang ada yakni A, B, AB, dan O.  Golongan darah O merupakan golongan darah yang paling unik jika dibandingkan dari 3 golongan darah lainnya. Berikut adalah beberapa fakta mengenai pemilik golongan darah O.

Golongan Darah O Bersifat Universal

Golongan darah O memiliki sifat universal. Yang artinya golongan darah o merupakan satu-satunya golongan darah yang bisa ditransfusikan ke semua golongan darah lainnya. Artinya, jika anda mempunyai jenis golongan darah O. Maka artinya anda bisa mendonorkan darah atau mentransfusikan darah anda kepada orang-orang dengan golongan darah A,B dan juga AB.

Namun mengenai pentransfusian darah ini, terdapat syarat-syarat atau ketentuan. Yakni, darah tersebut hanya bisa didonorkan kepada orang yang memiliki darah dengan jenis positif negatif yang sama. Artinya darah O positif hanya bisa ditransfusikan kepada orang yang juga memiliki jenis darah positif.

Meskipun bersifat universal dan bisa ditransfusikan ke golongan darah manapun, namun golongan darah O hanya bisa menerima transfusi darah dari orang pemilik golongan darah yang sama.

Golongan Darah O Tidak Memiliki Antigen

Baca Juga  5 Makanan Penurun Kolesterol Paling Ampuh

Antigen merupakan kandungan protein di dalam sel darah merah, pada umumnya, semua jenis darah memiliki kandungan antigen. Berbeda dengan golongan darah lainnya, darah O tidak memiliki kandungan antigen. Itulah yang membuatnya bersifat universal.

Golongan Darah O Memiliki Resiko Penyakit Jantung Lebih Rendah

Orang-orang yang mempunyai golongan darah O, memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih rendah 23% dibandingkan golongan darah lainnya. Hal tersebut ditemukan berdasarkan penelitian yang dilakukan di Harvard School.

Itulah tadi 3 fakta mengenai golongan darah O yang perlu kita ketahui.

Tags: