Gejala Penyakit Jantung Dan Pencegahannya

Gejala Penyakit Jantung Dan Pencegahannya – Jantung merupakan organ vital tubuh manusia yang berfungsi untuk memompa darah keseluruh bagian tubuh. Berhenti berdetak 1 menit saja, bisa menyebabkan kematian. Faktanya menyebutkan bahwa penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor 1 di seluruh dunia. Hal ini disebabkan karna kurang pengetahuan masyarakat mengenai gejala – gejala yang timbul akibat penyakit jantung, sehingga setelah dicek penyakit jantung sudah kronis dan sulit untuk disembuhkan.

Penyakit jantung sendiri merupakan istilah dari penyakit yang menyerang jantung. Terdapat berbagai macam penyakit yang jantung, yang mungkin sedikit banyak sudah anda ketahui. Diataranya, jantung koroner, infeksi jantung, gagal jantung, jantung bawaan dan masih banyak lainnya.

Semua penyakit sebelum menyerah pasti menimbulkan sebuah gejala yang pasti bisa kita rasakan, masalahnya yakni tidak sedikit orang yang sadar akan gejala penyakit jantung tersebut. Berikut akan saya paparkan mengenai

Gejala Penyakit Jantung dan Pencegahannya

Gejala penyakit jantung sangat beragam menyesuaikan dengan penyakit yang diderita. Namun, sebagian besar gejala yang ditimbulkan hampir sama.

  • Gejala Penyakit Jantung Koroner

Jantung koroner merupakan jenis penyakit jantung yang paling banyak diderita. Penyebab utama penyakit ini adalah pola makan yang tidak baik terutama konsumsi kolestrol dan lemak berlebih kemudian menumpuk sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Gejala yang ditimbulkan berupa sesak nafas, nyeri pada bagian dada, terdapat nyeri pada bagian lengan dan rahang bawah. Pengobatannya yakni dengan menembakan leser, sehingga gumpalan yang menyumbat pembuluh darah bisa hilang, atau dengan pemasangan ring untuk jantung koroner yang sudah akut.

Untuk mencegah penyakit jantung koroner yakni dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, hindari makanan yang berlemak lebih. Serta melakukan olahraga rutin ringan seperti jogging, jalan sehat dan bersepeda.

  • Gejala Penyakit Gagal Jantung

Gagal jantung merupakan kondisi dimana jantung tidak mampu memompa atau kurang memadahinya suplai darah menuju ketubuh. Hal ini sangat berbahaya karena dalam darah mengankut nutrisi yang dibutuhkan oleh sel tubuh, bagaimana jadinya jika darah tidak tersuplai ke bagian tubuh tersebut ?

Baca Juga  Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Kulit Dan Cara Mengatasinya

Gejala yang ditimbulkan akibat gagal jantung bisa berupa sesak napas saat melakukan aktivitas serta saat berbaring disertai dengan membengkaknya bagian perut. Gagal jantung sering disebabkan oleh infeksi virus atau akibat komplikasi. Pengobatan yang dilakukan yakni pemberian obat guna memperkuat denyut jantung sehingga dapat memompa darah dengan baik kembali. Pencegahan penyakit gagal jantung bisa dengan berhenti merokok, menghindari paparan asap rokok dan kendaraan, mengkonsumsi makanan tinggi serat, rendah lemak serta melakukan aktivitas fisik secara rutin.

  • Gejala Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan biasanya terjadi kepada bayi yang baru lahir. Penyebab penyakit ini masih belum jelas, yang pasti kesehatan ibu waktu mengandung sangat mempengaruhi kondisi bayi yang dikandungnya hingga melahirkan. Pada bayi yang menderikan penyakit jantung bawaan ditandai dengan membirunya bagian muka saat menangis ataupun menyusui, serta bengkak pada bagian sekitar mata.

Pencegahan yang bisa dilakukan yakni pada saat ibu mengandung, pastikan tidak menderita virus rubella, obat – obatan yang tidak dianjurkan dokter.

Demikian ulasan mengenai Gejala Penyakit Jantung Dan Pencegahannya, deteksi dini penyakit jantung dengan mengenali gejala atau ciri – cirinya sehingga dapat ditangani secara cepat sebelum menjadi parah. Setiap penyakit yang diberikan pasti memiliki obat untuk menyembuhkannya. Jika sudah didiagnosis mengidap penyakit jantung jangan stres ataupun putus asa, karena hal tersebut hanya akan membuat kondisi kesehatan anda semakin buruk.