Manfaat Buah Zaitun dan Olive Oil Lengkap Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Zaitun dan Olive Oil Lengkap – Buah Zaitun adalah tanaman tahunan yang berbuah setelah 5 tahun ditanam. Buah yang dimiliki berwarna hijau saat belum matang dan ungu setelah mata. Baik matang ataupun belum, buah zaitun sudah dapat dikonsumsi.

Kandungan Gizi Buah Zaitun

Buah zaitun memiliki kandungan gizi yang tinggi energi. Pasalnya dalam 100g buah zaitun mengandung :

  • Energi = 800 kkal
  • Lemak = 100 gram (Jenuh 14 gram, Tak Jenuh Rantai Tunggal 73 gram, Tak Jenuh Ganda 11 gram)
  • Protein = 0 gram
  • Karbohidrat = 0 gram
  • Vitamin E = 14 miligram
  • Vitamin K = 62 miligram
  • Omega 3 = < 1,5 gram
  • Omega 6 = 3,5 – 21 gram

Dari sini kita bisa mengetahui bahwa Buah Zaitun memiliki kandungan Vitamin dan Lemak yang cukup tinggi. Jika dibandingkan dengan lemak jenuh, kualitas lemak tak jenuh lebih baik apalagi berantai tunggal. Hal inilah yang nantinya olive oil bisa anda gunakan sebagai penganti minyak goreng (minyak kelapa sawit) untuk menggoreng makanan, karena jauh lebih sehat dan tidak menyebabkan obesitas.

Selain itu juga terdapat manfaat lain buah zaitun atau minya zaitun (olive oil) ini yakni untuk kecantikan, kesehatan serta baik untuk rambut. Berikut adalah beberapa manfaat minyak zaitun :

Manfaat Buah Zaitun dan Olive Oil Lengkap

Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan

  • Mengontrol Kolesterol

Kandungan lemak tak jenuh pada buah zaitun atau olive oil ini membuatnya tidak meningkatkan kadar kolestrol yang terlalu signifikan. Berbeda dengan lemak jenuh yang terdapat pada minyak goreng dan mentega yang dikenal juga sebagai lemak jahat (lemak jenuh). Bisa mulai sekarang anda menganti minyak goreng anda dengan menggunakan olive oil secara perlahan. Yang menjadi kendala adalah harga olive oil ini yang relatif lebih mahal dari pada minyak goreng kepala sawit.

  • Mencegah dari Serangan Kanker

Kanker adalah penyakit pembunuh nomor 1 didunia. Hingga sekarang perobatan kanker masih sebatas terapi belum hingga benar – benar sembuh. Mengkonsumsi buah zaitun secara rutin dapat mencegah anda terkena kanker kolorektal dan kanker payudara bagi wanita. Hal ini dikarenkan kandungan Vitamin E dan Phenolic yang berperan sebagai zat anti oksidan dan anti inflamasi dapat mencegah sel – sel kanker yang mungkin bisa saja menyerang.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Janntung adalah organ penting dalam tubuh yang fungsi utamanya memompa danmengalirkan darah keseluruh tubuh. Gangungan pada ginjal akan berakibat fatal bahkan menyebabkan kematian.

Baca Juga  Macam Penyakit Ginjal Dan Penyebabnya Yang Harus Diketahui

Masalah jantung yang paling banyak diderita yakni penyumbatan pada pembuluh darah yang mengakibatkan suplai darah tidak sampai ke tujuan. Hal ini dikarenakan kolesterol yang menumpuk dan menyumbat pembuluh darah. Kolestrol muncul akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan goreng – gorengan. Dengan mengkonsumsi buah zaitun atau menggoreng menggunakan olive oil dapat mencegah anda terkena penyakit jantung. Karena olive oil memiliki kandungan lemak tak jenuh lebih banyak.

  • Mencegah Osteoporosis

Osteorporosis sering disebut perapukan atau kepadatan tulang yang mulai menurun. Osteoporosis sering menyerang baik laki – laki ataupun perempuan pada umur 60 tahunan. Namun, anda juga bisa beresiko osteoporisis dini jika tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Buah Zaitun atau dalam bentuk Olive Oil mengandung oleuporosis dan hydroxi-tyrosol yang dapat mencegah pelapukan tulang terjadi. Selain itu, penelitian di lakukan terhadap tikus yang kondisinya seperti menopouse. Terdapat 2 percoban, yakni tikus yang setiap hari mengkonsumsi olive oil dan tidak. Setelah beberapa bulan menunjukkan bahwa tikus yang tidak mengkonsumsi olive oil  mengalami penurunan kadar kalsium secara signifikan.

Baca juga : Manfaat buah naga

Demikian ulasan mengenai, Manfaat Buah Zaitun dan Olive Oil Bagi Kesehatan. Dalam penggunaannya anda bisa mengkonsumsi buah zaitun secara langsung ataupun menggunakan olive oil sebagai campuran minuman anda. Namun, yang perlu diperhatikan dalam memilih minyak zaitun. Pasalnya karena harganya yang lumayan mahal, tidak sedikit oknum mengakalinya dengan menambahkan zat – zat tertentu didalamnya, tapi ada juga yang menjual secara jujur.