Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Otak

Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Otak – Berolahraga merupakan suatu aktivitas untuk membentuk raga yang baik dan memiliki ketahanan tubuh yang baik pula. Olahraga menjadi suatu kebutuhan penting bagi setiap manusia, entah itu untuk orang yang sibuk sekalipun. Mereka harus bisa meluangkan paling tidak sedikit waktunya untuk berolahraga. Jika tidak, hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan bahaya kesehatan. Karena pada dasarnya tubuh manusia didesain untuk bergerak, oleh karena itu orang harus rajin rajinnya untuk bergerak, apalagi untuk berolahraga. Selain untuk kesehatan tubuh, olahraga juga bermanfaat untuk perkembangan otak. Berikut ini adalah manfaat olahraga untuk otak.

1. Meningkatkan Kognitif Otak

Kemampuan kognitif otak dapat meningkat apabila anda berolahraga secara rutin. Hal ini diungkapkan oleh dr Sophia jika bahwasannya orang dewasa yang memiliki usia 55 hingga 80 tahun yang rajin berolahraga memiliki kemampuan kognitif 4x lipat ketimbang yang tidak berolahraga. Olahraga yang bisa anda pilih semisal seperti jogging, lari, atau aerobik.

2. Memperpanjang Umur Otak

Kemampuan regenerasi otak akan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, jika anda berolahraga, itu membantu anda untuk meregenerasikan otak anda dengan memacu memproduksi sel sel baru. Semisal seperti olahraga kardio, olahraga ini dipercaya dapat memperlancar aliran darah ke otak. Sehingga otak akan tetap aktif.

3. Meningkatkan Kecerdasan

Dengan berolahraga, aliran darah dalam otak akan lancar. Kelancaran aliran darah ini membuat sel sel otak terpenuhi supplai oksigennya. Selain itu, dengan berolahraga akan mempengaruhi IQ anda secara berkala. Anda juga harus mengimbangi dengan rajin rajin berpikir, merangkai materi (menjadi semacam peta konsep) dan lain sebagainnya.

5. Meningkatkan Fokus

Sebagai ilustrasi, jika anda sehabis berjogging atau berlari, apa yang anda rasakan? Lelah? dan jika hal itu terjadi tubuh kita akan melakukan respirasi untuk pembentukan energi. Lalu saya bertanya, apakah anda merasa apabila sedang kelelahan sehabis olahraga, apakah enak jika diajak berbicara? Nahh hal ini lah yang diduga mengapa kita fokus terhadap satu tujuan yaitu “Respirasi (pembentukan energi)”.

6. Menurunkan Stress

Stress akan berdampak langsung kepada mental, maka dari itu jika olahraga sangat baik untuk menangani hal ini. Berolahraga dapat memacu keluarnya hormon kortisol yang dapat menjernihkan pikiran. Lakukanlah olahraga ringan hingga sedang, jangan terlalu tinggi intensitasnya.

7. Mengurangi Kadar Glukosa dalam Otak

Jangan sampai otak anda kebanyakan glukosa, hal ini akan mengakibatkan kemampuan kognitif dan daya ingat anda menurun, inilah yang biasa disebut Demensia. Melakukan aktivitas olahraga dapat menurunkan kadar gula darah. Olahraga dapat merangsang keluarnya insulin yang digunakan untuk mengikat gula darah, sehingga hal ini akan menstabilkan gula darah anda. Maka dari itu, olahragalah secara rutin.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *