Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Sebelum Haid

Seorang wanita terutama yang telah menikah tentu ingin mengetahui masa suburnya agar bisa segera memiliki momongan.  Masa subur sendiri merupakan waktu dimana indung telur melepaskan sel telur yang sudah matang atau telah siap dibuahi ke dalam saluran tuba falopi. Apabila pada saat itu sel telur telah bertemu dengan sperma dan mengalami fase pembuahan, maka kemungkinan bahwa pasangan tersebut akan memiliki seorang anak semakin tinggi. Masa subur wanita sebelum haid berbeda-beda karena hal tersebut tergantung dari waktu mereka mengalami menstruasi.

 

Setidaknya masa subur seorang wanita akan berlangsung selama 2 minggu pada usia menstruasinya. Pada masa subur tersebut, peluang seorang wanita untuk dapat hamil semakin besar ketika dirinya melakukan hubungan suami istri dengan pasangannya. Akan lebih baik pasangan suami istri tidak melewatkan peluang yang besar tersebut karena masa ini setiap bulannya hanya berlangsung selama 12 – 24 jam saja. Oleh karena itu, saat penting untuk mengetahui kapan masa subur wanita sebelum haid. 

 

4 Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Sebelum Haid Dengan Tepat

Masa subur sangat dinantikan oleh pasangan suami istri yang ingin mendapatkan buah hati. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui masa subur seorang wanita sebelum haid. Cara tersebut terbagi menjadi dua yaitu dengan menggunakan metode manual atau dengan bantuan alat medis. Anda dapat membeli alat tes medis yang dapat mengetahui masa kesuburan di setiap apotek. Alat tersebut memiliki tingkat keakuratan 90 – 95 persen. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut ini akan dijelaskan cara mengetahui masa subur wanita sebelum haid dalam bentuk poin-poin.

Baca juga : Cara cepat hamil

1.  Melakukan Pengujian Air Liur

Uji air liur indikator kesehatan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan agar dapat mengetahui masa subur wanita sebelum haid yaitu dengan menggunakan air liur. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa air liur juga dapat digunakan untuk menguji tes kesuburan wanita sehingga sangat jarang orang yang melakukannya. Alat yang digunakan dalam pengujian ini adalah mikroskop berukuran mini. Dimana bentuknya menyerupai sebuah lipstik. Harga dari alat tersebut memang cukup mahal dan sulit untuk mendapatkannya di pasaran karena belum banyak dipasarkan serta tidak dijual bebas.  Namun, alat ini memiliki kemampuan yang cukup efektif dalam mengetahui masa subur.

 

Adapun cara penggunaan dari alat tes kesuburan wanita yang berupa mikroskop berukuran mini tersebut adalah letakan air liur Anda pada gelas teropongnya dan tunggu selama kurang lebih 5 menit. Ketika posisi air liur telah tepat berada di atas gelas teropong, maka Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya dengan memutar-mutar bagian lensanya seperti pada saat menggunakan mikroskop. Jika Anda telah mendapatkan posisi yang pas, akan terlihat hasilnya dan ikutilah petunjuk penggunaan yang ada pada gambar untuk mengetahui apakah sedang dalam masa subur atau tidak.

2. Melakukan Pengujian Dengan Termometer

Uji air liur indikator kesehatan

Cara yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kaum wanita karena memang sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Selain itu, cara ini juga tergolong mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya karena alat yang digunakan cukup familiar dibandingkan dengan alat pengujian air liur sehingga banyak orang yang lebih tertarik menggunakan metode ini dibandingkan metode tersebut.

 

Sedangkan cara untuk mengetahui masa subur wanita sebelum haid dengan menggunakan cara ini yaitu cukup dengan memasangkan termometer pada bagian tubuh yang sama, bisa diletakkan ke dalam dubur atau di bawah lidah. Namun, jangan pernah meletakkannya di ketiak karena lokasi tersebut terkadang memberikan hasil yang tidak akurat. Cara ini tidak cukup dilakukan hanya satu kali, tetapi harus secara rutin pada pagi hari setiap bangun tidur. Lakukanlah hal tersebut dalam posisi berbaring selama kurang lebih 5 menit. Jangan lupa untuk secara rutin mencatat hasil yang diperoleh dan saat hasilnya telah menunjukkan angka yang tetap, maka itu berarti Anda sedang berada dalam masa subur.

 

3. Melakukan Pengujian Air Seni

Uji air seni mengetes kesuburan

Metode selanjutnya yang dapat digunakan agar bisa mengetahui masa subur wanita sebelum haid yaitu dengan menggunakan air seni. Anda dapat menggunakan air seni untuk melakukan tes kesuburan wanita. Cara ini juga tidak sulit, bahkan alat pengujiannya juga telah dijual bebas di berbagai apotek.

 

Cara yang digunakan sama seperti ketika Anda melakukan tes kehamilan yaitu cukup dengan meneteskan air mani di atas alat uji. Kemudian Anda harus menanti beberapa saat hingga alat uji memperlihatkan tanda-tanda adanya perubahan. Jika ada hal yang kurang bisa Anda pahami, bacalah petunjuk penggunaan yang tertera pada alat tersebut. Apabila hasil yang diperoleh ternyata menunjukkan positif sedang dalam masa subur, maka Anda dapat melakukan hubungan suami istri dengan pasangan agar bisa cepat mendapatkan anak.

 

4. Menggunakan Kalender

Kalender masa subur wanita

Menggunakan kalender untuk mengetahui masa subur wanita sebelum haid adalah cara yang paling praktis, mudah dan murah karena tidak memerlukan alat medis atau pengujian apapun. Metode ini merupakan satu-satunya cara manual yang dapat Anda gunakan. Dimana metode dengan menggunakan kalender akan mengacu pada perhitungan masa menstruasi.

 

Selama berlangsungnya siklus menstruasi, akan terjadi suatu masa yang disebut dengan ovulasi dimana salah satu indung telur akan melepaskan sel telur menuju rahim melalui saluran tuba falopi. Sel telur tersebut hanya mampu bertahan hidup kurang lebih selama 24 jam sejak pelepasannya. Pada saat inilah yang merupakan masa subur wanita sebelum haid. Apabila dalam jangka waktu tersebut, tidak dibuahi oleh sel sperma maka sel telur tidak akan mampu bertahan hidup. Namun jika dalam jangka waktu tersebut sel telur telah dibuahi oleh sel sperma, maka akan terjadi pembuahan dan wanita tersebut akan hamil.

 

Akan tetapi dalam hal ini, bukan berarti Anda harus berhubungan suami istri tepat pada masa subur wanita sebelum haid. Sel sperma memiliki tingkat ketahanan yang cukup baik sehingga mampu berenang dalam tuba falopi selama beberapa hari setelah berlangsungnya hubungan suami istri dan masih bisa membuahi sel telur meskipun masa subur wanita sebelum haid telah berlalu.

 

Langkah pertama dalam melakukan perhitungan masa subur wanita dengan metode kalender yaitu Anda harus menghitung sejak hari pertama menstruasi pada setiap bulannya. Lalu kurangi dengan jumlah siklus menstruasi terpendek yang Anda alami. Kemudian Anda perlu mengurangi jumlah siklus menstruasi terpanjang dengan angka 11. Metode kalender ini terkadang tidak akurat terutama saat siklus menstruasi tidak teratur.

Baca juga : ciri ciri wanita mandul

Baca Juga  Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah Setiap Hari

 

Demikianlah penjelasan mengenai masa subur wanita sebelum haid. Setidaknya ada empat metode yang dapat Anda lakukan agar bisa mengetahui masa subur seorang wanita. Metode tersebut terdiri atas metode manual dan menggunakan alat medis. Tidak perlu memaksakan diri jika Anda merasa tidak mampu membeli peralatan pengujian. Cukup gunakan metode manual dengan menggunakan kalender yang memang lebih mudah, praktis dan hemat karena tidak membutuhkan alat apapun.

Tags: