Penyebab Pori Pori Wajah Membesar

  1. Pori pori membesar – Mempunyai wajah mulus nan halus adalah impian setiap manusia khususnya kaum hawa. Namun sering kali mereka bermasalah dengan pori pori membesar , sehingga terkesan kulit wajah gradakan atau  tidak rata.  Apa itu pori pori wajah? Pori pori wajah adalah suatu titik titik yang berada pada permukaan kulit yang sebenarnya merupakan folikel rambut yang terbuka. Folikel folikel ini mengandung kelenjar minyak. Sehingga apabila pori pori yang terbuka semakin besar, maka semakin banyak juga produksi minyak yang akan mengakibatkan kulit berjerawat apabila tidak segera ditanggani. Ngeri bukan ?  Bukan hanya kaum hawa banyak kaum adam yang memiliki masalah yang cukup kompleks yang berhubungan dengan pori pori di wajah.

PENYEBAB-PENYEBAB PORI-PORI WAJAH MEMBESAR

Seperri yang kita ketahui,  ada beberapa hal yang menyebabkan pori pori membesar dan alangkah baiknya kita hindari, yaitu :

1.      Kurang tidur

Kurang istirahat akan berpengaruh pada kondisi wajah, ditinjau dari segi psikis seseorang. Karena stress yang berlebihan juga dapat meningkatkan hormone dalam memproduksi minyak, yang akan meningkatkan kemungkinan pori pori terbuka lebih lebar. Menjaga pola tidur dan istirahat yang baik cukup efektif dalam menjaga kesehatan kulit.

2.      Tidak menjaga kebersihan wajah

Dengan tidak menjaga kebersihan wajah, maka akan banyak kotoran yang menempel sehingga prosentase untuk membesarnya pori pori semakin tinggi. Wajah tanpa make up saja rentang terhadap pori pori membesar apalagi yang bermake up, tentu akan semakin tinggi kemungkinan membesarnya sang pori pori ini. sehingga setelah bermake up sangat disarankan untuk membersihkan sebersih mungkin jangan sampai ada sisa maku up yang kemudian dapat menjadikan suatu penyumbatan pori pori yang berakibat melebarnya pori pori itu sendiri.

3.      Banyak memakan makanan berlemak.

Untuk jenis kulit berminyak alangkah baiknya untuk menghindari makan makanan yang berlemak seperti susu, mentega, gorengan, dan lain sebagainya. Pola asupan makanan sangat mempengaruhi kinerja kulit kita sehingga dengan kita menjaga dan mengontrol makanan akan membantu merawat kulit, khususnya untuk mengecilkan pori pori yang membesar atau menjaga pori pori agar tetap normal dengan memakan makanan yang sehat.

4.      Melapisi wajah dengan make up yang tebal.

Wajah yang selalu di lapisi dengan makeup yang tebal dan dalam waktu yang lama akan menyumbat pori pori , hal ini membuat pori pori semakin membesar karena dorongan minyak dari dalam kulit. Selain itu karena dengan bermake up tebal maka banyak zat kimia yang masuk ke dalam kulit wajah, hal ini sangat mempengaruhi kinerja kulit selanjutnya.

5.      Memencet komedo di wajah.

Sangat tidak disarankan memencet komedo dengan tangan. Walaupun komedo sudah muncul ke permukaan dan mudah untuk di ambil dengan memencetnya, namun alangkah baik jika hal ini di hindari . Karena di tangan itu banyak bakteri jahat yang dapat merusak kulit yang dapat menyumbat pori pori wajah.membersihkan komedo dengan cara yang salah akan mengakibatkan membesarnya pori pori yang di miliki. Sehingga meskipun hal sepele, hal tersebut perlu diperhatikan.

6.      Sering terpapar sinar matahari

Sudah menjadi sebuah rahasia umum bahwa sinar matahari sangat tidak baik untuk kulit, apalagi kulit wajah yang sangat sensitive. Sinar uv adalah salah satu alasan kenapa sinar matahari sangat berbahaya bagi kulit. Sinar ini dapat membakar rambut, kulit, dan mata. Sebaiknya jika akan melakukan kegiatan outdoor terlebih dahulu memakai sunblock atau cream lain  yang melindungi tubuh dari paparan sinar uv.

7.      Terlalu sering mencuci muka

Mungkin berniat untuk menjaga kebersihan  sampai bener bener cling, namun apalah daya dengan sering mencuci muka maka akan menghilangkan minyak alami wajah dan membuat kering yang akan berakibat pada pori pori yang melebar. Mencuci wajah dianjurkan 3 kali sehari. Tidak terlalu sering mencuci muka bukan berarti harus jarang mencucinya , jangan sampai tidak membersihkan muka dengan air sama sekali. Karena hal tersebut juga mengakibatkan hal yang tidak baik untuk kulit itu sendiri.

8.      Kurang merawat kulit wajah

Yaitu kurangnya perawatan seperti jarang  memakaian pelembab dan lain sebagainya yang membuat kulit lebih terawat lagi.  Dalam pemilihan pelembab sebaiknya disesuaikan dengan tipe kulit agar dapat mendapatkan hasil yang optimal.

9.      Tidak pernah menjadwalkan diri untuk pergi kesalon setelah banyak kegiatan outdoor

Perlu sesekali kulit wajah di manjakan dengan mengatur jadwal ke salon yaitu untuk sekedar facial atau membersihkan muka dari kotoran kotoran yang ada. Di sarankan untuk 2 bulan sekali, atau di atur sesuai kebutuhan berdasarkan kepadatan kegiatan yang ada

10.   Terlalu sering facial,

Facial memang sangat ampuh dalam hal merawat kulit wajah, namun dengan jeda yang sangat singkat facial mampu membuka pori pori . hal ini di karenakan gesekan gesekan pada kulit wajah sehingga melebaeka pori pori yang ada.

 Baca juga : Cara menghilangkan komedo

 Itukah beberapa hal yang dapat menyebabkan pori pori wajah membesar dan sebaiknya dihindari untuk tetap menjaga kesehatan dan pastinya penampilan. Siapa sih yang tidak mau tampil menawan? Menjadi seorang idaman, tentu semua orang mendambakannya. Sebenarnya ada satu lagi penyebab pori pori membesar namun tidak dapat dihindari karena hal itu merupakan kodrat dari Yang Maha Kuasa. Yaitu factor usia atau hormon, dengan bertambahnya usia maka hormon yang akan semakin berfungsi. Ada satu hormone yang menyebabkan bertambahnya produksi minyak khususnya wajah,  hal ini tentu dapat meningkatkan kemungkinan pori pori membesar.

Terbukti pada perbedaan kulit wajah bayi dan kulit wajah pada orang biasa, orang dewasa cenderung memiliki kulit yang gradakan atau tidak rata ditimbulkan dari pori pori yang semakin membesar. Sedangkan kulit bayi terkesan lebih halus  karena hormon pada bayi masih sedikit dan belum berfungsi secara optimal.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *