Penyebab Dan Cara Mengatasi Keputihan

Penyebab dan cara mengatasi keputihan. Hai girls , apa sih sebenarnya keputihan itu? Mengapa kita harus berhati hati apabila keputihan mulai mengganggu , seperti mulai timbul gatal dan bau yang tak sedap. Ada beberapa cara untuk mengatasinya, tapi sebelum itu yuk kita kenalan dulu apa sih itu keputihan. Keputihan sebenarnya normal normal saja di alami semua wanita, karena keputihan adalah cara vagian membersihkan dirinya dengan mengeluarkan lendir yang ada pada dinding dindingnya. Keputihan biasanya berwarna jernih atau putih susu dan tidak berbau apapun serta berwujud cairan kental. Kebanyakan dari kita banyak yang cemas apabila terjadi keputihan karena kesan yang tidak nyaman dan risih dengan adanya si keputihan itu. Keputihan dibedakan menjadi 2 jenis yaitu, keputihan fisiologis (normal) dan patologis (tidak normal). Kita harus tau ciri ciri keputihan yang normal dan tidak normal. Setiap orang memiliki cirri khas masing masing begitupun dengan keputihan, setiap orang memiliki cirri cirri keputihan normal yang berbeda bergantung pada kondisi maupun tipe tubuhnya. Sedangkan keputihan yang tidak normal ditandai dengan berbau menyengat , warna pekat(coklat atau hitam), menimbulkan rasa gatal, dan terasa sakit jika sedang buang air kecil. Ada beberapa penyebab timbulnya keputihan.

Penyebab timbulnya keputihan

1.    Kurangnya menjaga kebersihan vagina ,

Kurangnya menjaga kebersihan vagina

kelembaban vagina perlu diperhatikan agarkeputihan dapat terkontrol dengan baik. Setelah buang air kecil sebaiknya dicuci secara bersih sehingga akan menghindari bakteri tertinggal , bakteri tersebut akan mengyebabkan keputihan yang berlebih atau tidak normal.

2.    Akibat mengonsumsi obat obatan,

mengonsumsi obat obatan

seorang perempuan yang mengonsumsi pil kb maka akan rentang terhadap keputihan. Obat obat lain seperti antibiotic justru akan meningkatkan keputihan pada perempuan.

3.    Stress,

Stress akan mempengaruhi kesehatan

semua control tubuh kita berada pada otak. Dan apabila otak tidak mampu mengontrol semua emosional yang ada maka akan timbul stress. Dengan demikian akan menyebabkan perubahan hormone dan keseimbangan hormone hormone tersebut , hal ini penyebab keputihan datang dan hilang setelah stress tersebut hilang.

4.    Virus,

keputihan yang diakibatkan oleh virus jangan pernah dispelekan karena ini berbahaya. Virus ini pada umumnya serupa dengan virus HIV/AIDS. Dengan cirri cirri berwarna putih susu namun mempunyai bau yang sangat menyengat , menimbulkan rasa gatal disekitar vagina, adanya bintul/ benjolan dibibir vagina disertai rasa yang perih. Biasanya dapat tertular melalui hubungan seksual yang tidak sehat.

5.    Bakteri gardnella,

bakteri inimenimbulkan rasagatal disekitaran vagina. Dengan cirri berwarna gelap keabuan, berbau amis dan berbusa. Di dalam vagina sebenarnya terdapat bakteri baik,tapi akibat beberapa factor berubah menjadi jahat yaitu menjadi bakteri gardnella ini. yang kemudian menggangggu keasaman vagina sehingga menyebabkan keputihan.

6.    Parasit Trichomonas Vaginalis,

parasit ini berkembang di vagina ditularkan dengan berhubungan seksual dengan penderita. Cirri keputihan akibat parasit ini adalah. cairan yang keluar sangat kental, memiliki warna kuning atau hijau, berbuih dan berbau anyir. Keputihan ini menyebabkan vagina terasa sakit jika ditekan tetapi tidak menimbulkan gatal disekitar vagina.

 

Beberapa cara untuk mencegah adanya keputihan yaitu,

1.    Jangan gunakan celana yang ketat,

Celana ketat tidak baik untuk kesehatanCelana ketat tidak baik untuk kesehatan

Baca Juga  11 Penyebab Kanker Payudara Pada Wanita

hal ini menyebabkan vagina sulit bernafas dan menjadi lembab, sehingga jamur dan bakteri mudah berkembang.

2.    Jagalah kebersihan vagina,

perhatikan juga celana dalam yang akan dipakai. Gunakan celana dalam yang kering. jangan mengunakan pembersih vagina yang mengandung antiseptic yang tinggi. Jangan menggunakan bedak untuk mengharumkan dan mengeringkan vagina.

3.    Hindari penyebab stress.

Dan apabila keputihan sudah tidak dapat terkontrol dan mulai menganggu setiap aktifitas yang menyebabkan perasaan tidak nyaman maka kita dapat melakukan beberapa hal yaitu,

Cara mengatasi keputihan secara alami

1.    Daun sirih,

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Wanita

Nenek moyang kita sudah mengenal baik daun sirih sebagai sahabat vagina mereka. Daun sirih mengandung antieptik dan antibakteri yang mengendalikan pertumbuhan bakteri di vagina. Penggunaan daun sirih harus terkontrol karena penggunaan yang overdosis justru tidak baik untuk vagina. Penggunaan daun sirih untuk mengatasi keputihan dapat dijadikan obat dalam maupun luar. Caranya cukup mudah hanya merebus beberapa lembar daun sirih pada air mendidih, anda bisa mengonsumsinya dengan meminum setiap hari (pagi dan sore) atau dengan dibasuhkan langsung ke vagina.

2.    Bawang putih,

Khasiat Bawang Putih Mentah Yang Jarang Diketahui

Dapat menghilangkan kuman dan bakteri penyebab dari keputihan. Dengan mengonsumsi bawang putih secara  rutin mampu mengurangi keputihan dengan aman dan cepat karena terbuat dari bahan herbal yang tidak mempunyai efek samping apapun. Bawang putih ini dapat dikonsumsi dengan banyak cara tapi yang paling mudah adalah dengan memperbanyak bawang putih pada setiap masakan yang dikonsumsi.

3.    Menggunakan Biji Fenugreek,

Mungkin kita masih asing dengan biji ini. biji fenugreek dapat menyeimbangakan ph dalam vagina hal ini tentu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab  keputihan. Cara mengatasi keputihan menggunakan biji fenugreek adalah dengan merendam bubuk biji fenugreek tersrbut, diamkan seharian kemudian minum air yang telah disaring. Minum secara rutin setiap pagi sebelum sarapan. Hal ini dipercaya ampuh untuk mengatasi keputihan yang melebihi batas normal.

4.    Kurangi kadar konsumsi kafein,

Kafein ternyata dapat memicu keputihan karena kafein dapat merubah kandungan hormone pada perempuan. Sehingga akan menyebabkan ph dan kelembaban meningkan yang akan berpengaruh pada bakteri dan jamur yang meningkat pula. Hindari mengonsumsi kafein yang biasanya terkandung dalam kopi, teh , dan minuman minuman lain merupakan cara mengatasi keputihan yang mudah.

5.    Kunyit,

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Yang Jarang di Ketahui

Mengonsumsi kunyit dapat mengatasi keputihan yang terbilang sudah parah. Cara mengatasi keputihan dengan kunyit cukup mudah hanya dengan meminum perasan kunyit. Ambil beberapa kunyit ,  tumbuk hingga halus, rebus dengan air. Dan kemudian saring serta taambahkan sedikit madu. Dapat pula dicampurkan ke minuman agar rasa kunyit tidak terlalu menyengat.

6.    Daun sambiloto,

Yang terkenal dengan rasanya yang begitu pahit sangat ampuh untuk mengatasi keputihan. Cara mengatasi keputihan dengan menggunakan daun ini sama dengan penggunaan daun sirih, cukup dengan merebus beberapa lembar daun sambiloto dan kemudian konsumsi air rebusan tersebut secara rutin , dan juga dapat diaplikasikan  sebagai air untuk membasuh miss vagina.

7.    Jahe,

jenis rempah yang kaya akan manfaat ternyata berguna juga untuk mengatasi keputihan yang berkepanjangan. Dengan mengonsumsi jahe hangat secara rutin merupakan cara mengatasi keputihan dengan mudah, cepat dan aman. Jahe juga menghangatkan badan yang akan mengjaga tubuh kita dalam kondisi yang optimal sehingga akan meningkatkan system kekebalan tubuh.

8.    Perbanyak air putih.

Bukan rahasia lagi bahwa air putih mengandung banyak manfaat. Dengan diperbanyak minum air putih hingga 16 gelas setiap hari akan meningkatkan system imun tubuh dan menyeimbangkan ph ph dalam tubuh . hal ini dapat mengatasi keputihan.

9.    Konsultasikan ke bidan maupun dokter.

Konsultasi ke dokter

Apabila keputihan sudah tidak dapat diatasi dengan cara cara herbal, maka akan lebih baik jika di konsultasikan ke bidan maupun dokter dalam bidangnya. Hal ini akan sangat membantu mengatasi keputihan yang sudah para.

 

Demikian beberapa cara yang tergolong mudah dan mampu dengan cepat mengatasi adanya keputihan. Apapun langkah kita untuk mengatasi keputihan akan lebih maksimal apabila dilakukan secara rutin dan telaten. Sekian, semoga bermanfaaat.

 

Tags: