Makanan Penyebab Usus Buntu Yang Harus Dihindari

Makanan Penyebab Usus Buntu – Usus buntu atau yang sering disebut umbai cacing merupakan salah satu bagian dari organ pencernaan tepatnya terletak di bagian usus besar. Dianamakan usus buntu, karena usus yang sepanjang 5 – 8 cm ini memang benar – benar buntu.

Usus buntu sendiri sebenarnya tidak terlalu memiliki fungsi yang begitu penting seperti lambung, pankreas atau komponen saluran pencernaan yang lainnya. Dibeberapa penelitian menyebutkan bahwa fungsi dari usus buntu yakni untuk wadah bagi bakteri – bakteri penting di tubuh.

Ganguan terhadap usus buntu atau yang sering disebut appendiksitis merupakan penyakit yang menyebabkan radangnya pada usus buntu.

Penyebab Usus Buntu (Appendiksitis)

Penyakit usus buntu rata – rata disebabkan oleh adanya zat asing yang seharusnya melewati usus besar, tetapi malah masuk kedalam usus buntu. Akibatnya zat tersebut tidak bisa keluar dan terjebak kemudian membusuk dan menyebabkan peradangan. Nah berikut adalah beberapa makanan yang berpotensi mampu menyebabkan usus buntu.

Makanan Penyebab Usus Buntu Yang Harus Dihindari

  • Buah Dengan Biji – Bijian

Biji Рbijian sering kali disebutkan atau disalahkan terhadap penyakit usus buntu yang sering diderita. Hal ini wajar, karena biji Рbijian memang lebih sulit untuk dicerna daripada makanan biasa. Namun, penyakit usus buntu akibat biji Рbiji memiliki resiko sangat kecil. Walaupun begitu, saat anda mengkonsumsi buah Рbuahan yang mengandung biji seperti jambu dan semangka ataupun biji cabai sebaiknya untuk mengunyahnya secara halus agar terhindar dari penyakit usus buntu.

  • Makanan Rendah Serat

Makanan rendah serat merupakan salah satu penyebab sembeli (susah buang air besar). Sembelit yang terjadi berkepanjangan dapat menyebabkan usus buntu. Hal ini dikarena penumpukan zat – zat makanan di usus besar yang mungkin saja bisa “kesasar” ke usus buntu. Makanan rendah serat seperti kue (roti), makanan cepat saji dan mie instant.

Pada dasarnya penyebab usus buntu yang diakibatkan oleh makanan yakni hanya dari dua jenis makanan tersebut. Selebihnya banya yang disebabkan oleh bakteri – bakteri, infeksi pada bagian saluran pencernaan lain yang berdampak mengakibatkan usus buntu dan penyumbatan yang dilakukan oleh feses.

Penanganan untuk penderita usus buntu yakni mengambil atau mengangkat usus buntu tersebut dengan cara operasi. Bisa dibayang biaya untuk operasi cukup mahal, maka dari itu baiknya untuk melakukan pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi serta rajin berolahraga.

Gejala Penyakit Radang Usus Buntu

Agar infeksi terjadi tidak telalu lama serta agar mendapat pertolongan secepat mungkin, maka sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu gejala – gejala penyakit usus buntu (appendiksitis) yang terjadi.

Usus buntu terletak pada bagian perut bawah bagian kanan. Jika terasa nyeri atau sakit serta jika ditekan rasa sakit semakin menjadi bisa jadi anda terkena radang usus buntu. Selain itu juga bisa berupa pembengkakkan, sulit buang gas, sakit saat batuk ataupun berjalan dan mengalami demam (suhu tubuh meningkat).

Jika anda mengalami gejala – gejala seperti diatas, sebaiknya utuk melakukan pemeriksaan lebih mendalam ke dokter. Agar dilakukan foto rontgen untuk memastikan kondisi usus buntu anda.

Baca juga : Cara mengobati mencret

Demikian ulasan mengenai Makanan Penyebab Usus Buntu Yang Harus Dihindari, untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit radang usus buntu bisa dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat, perbanyak minum air putih dan tidak menahan saat terasa ingin buang air besar serta mengunyah secara halus makanan yang anda konsumsi.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *