Cara Menghilangkan Kutil dengan Bawang Putih & Bawang Merah

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang mudah ditemukan. Disamping berfungsi sebagai bumbu, bawang putih dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, salah satunya kutil. Cara menghilangkan kutil dengan bawang putih pun terbilang cukup mudah. Kandungan zat allicin pada bawang putih dapat digunakan sebagai antivirus untuk melawan beberapa virus termasuk penyebab penyakit kutil yaitu HPV. Menggunakan sistem pengobatan secara alami bisa dibilang lebih aman khususnya bagi Anda yang mempunyai alergi pada obat-obatan.

Penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya benjolan-benjolan putih pada bagian tubuh tertentu atau kutil ini biasanya akan hilang seiring berjalannya waktu. Masing-masing penderita membutuhkan waktu yang berbeda yaitu beberapa bulan bahkan sampai bertahun-tahun. Tapi kemunculannya sering sekali membuat penderitanya risau, apalagi jika area yang ditumbuhi kutil adalah wajah. Bagaimana cara mengobatinya? Simak teknik pengobatan alami berikut ini.

 

Tahapan & Cara Menghilangkan Kutil dengan Bawang Putih

Cara Menghilangkan Kutil dengan Bawang Putih & Bawang Merah

Cara menghilangkan kutil dengan bawang putih dapat Anda lakukan dengan beberapa teknik pengobatan yang sederhana. Untuk mencapai kesembuhan total, tidak cukup hanya satu kali melakukan tahapan penyembuhan kutil menggunakan bawang. Tahap demi tahap harus Anda lakukan secara rutin dan benar agar terlihat hasilnya. Bagaimana langkah-langkah penyembuhan kutil secara alami dengan bawang putih & bawang merah?

 Melakukan uji kulit

Dalam rangka menghindari reaksi yang tidak diinginkan pada kulit setelah dibubuhi bawang putih, Anda bisa melakukan uji sederhana. Caranya yaitu dengan menggosokkan bawang putih ke kulit secara perlahan. Dari cara tersebut, Anda akan mengetahui sensitivitas kulit terhadap obat kutil alami itu. Beberapa orang yang mempraktekkan cara menghilangkan kulit dengan bawang putih mengalami ruam karena kondisi kulit yang alergi terkena getah bawang.

Jika Anda tidak masalah dengan timbulnya ruam kulit setelah menempelkan bawang putih. Pengobatan alami untuk menghilangkan kutil ini bisa dilakukan dengan catatan tidak boleh terlalu lama. Tempelkan obat bawang putih kurang dari satu jam agar alergi tidak semakin parah dan bisa lekas sembuh. Menurut sebuah penelitian yang diujikan pada anak-anak menyebutkan jika penyembuhan dengan cara tradisional ini tidak menimbulkan efek samping. Hanya saja cara menghilangkan kutil dengan bawang putih akan menimbulkan bau khas yang kuat dari bumbu dapur tersebut.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Panu di Wajah Dalam 1 Hari Ini Sangat Efektif untuk Dicoba

 Bersihkan area tubuh yang berkutil

Sebaiknya Anda mencuci tangan terlebih dahulu agar tidak ada kuman yang menempel kemudian membersihkan bagian kulit yang ingin diobati. Agar kulit yang ditumbuhi kutil cepat mengering setelah dibersihkan, gunakan handuk halus dari bahan katun untuk mengusap airnya. Handuk katun yang sudah bersentuhan dengan benjolan kutil bisa langsung Anda cuci dengan air sabun hangat. Cara lainnya adalah dengan menambahkan pemutih saat proses pencucian agar virus kutil yang menempel bisa hilang.

 Membuat ekstrak bawang putih

Khasiat Bawang Putih Mentah Yang Jarang Diketahui

Pilih bawang putih yang kondisinya masih segar dari dapur rumah. Jumlahnya cukup satu siung saja, kemudian geprek hingga hancur menggunakan pisau. Cara menghilangkan kutil dengan bawang putih juga bisa dengan memotongnya menjadi dua bagian. Tempelkan di atas kulit yang berkutil sehingga getah dari daging bawang putih akan mudah meresap ke kulit. Apabila kutil yang tumbuh di tubuh lumayan banyak, Anda bisa mengambil lebih dari satu siung sesuai kebutuhan.

 Membalut bagian kulit yang ada kutilnya

Ketika bawang putih sudah dihaluskan dan dibubuhkan pada kutil segerakan untuk menutup bagian tersebut dengan perban atau kain lain yang halus. Sebisa mungkin hindari area yang tidak ditumbuhi kutil saat mengoleskan cairan dari bawang. Hati-hati jika Anda mempunyai luka baru yang masih dalam keadaan terbuka, getah bawang putih yang tidak sengaja jatuh ke luka itu akan menimbulkan efek pedih seperti sengatan. Ada kemungkinan virus kutil terbawa masuk ke dalam luka.

 Obati kutil secara rutin

Memakai cara menghilangkan kutil dengan bawang putih memerlukan waktu yang cukup lama. Penyembuhannya tidak bisa dilihat hanya dalam satu hari pengobatan. Oleh karena itu, Anda perlu mengulang langkah-langkah pengobatan alami ini secara rutin kurang lebih 3 – 4 minggu. Tahap penyembuhan akan ditandai dengan mengecilnya ukuran kutil yang biasanya terjadi seminggu setelah menggunakan tumbukan bawang putih. Kutil yang tadinya terlihat segar akan berubah menjadi layu dan berwarna lebih pucat. Apabila tidak ada perubahan apapun, Anda bisa mencoba memeriksakan diri ke dokter kulit.

Baca Juga  Cara Memutihkan Gigi Alami dan Permanen

 Bersihkan sisa-sisa kutil

Setelah semua rangkaian cara menghilangkan kutil dengan bawah putih selesai, Anda bisa membuka perban atau plester. Buka pelan-pelan agar tidak menimbulkan lecet pada kulit sekitarnya yang ikut tertutup perban. Kupas bagian-bagian kutil yang sudah terlepas dengan amplas kayu yang halus. Agar lebih mudah terkelupas, basahi kutil yang mau diamplas dengan air terlebih dahulu.

Amplas kasar bisa digunakan untuk kutil sementara penggosok dengan permukaan yang lebih halus digunakan setelah badan kutil habis. Gosok dengan gerakan halus agar kulit Anda tidak terluka. Amplas yang sudah tersentuh kutil jangan sampai menyentuh bagian kulit lain yang sehat. Bilas hingga bersih sisa kulit yang terinfeksi dari gosokan amplas dan buang bersama aliran air wastafel.

 Kombinasikan bawah putih dan bawang merah

Manfaat bawang merah bawang putih yang jarang diketahui

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal,  Anda bisa gunakan bahan alami lainnya seperti bawang merah. Metode yang digunakan sama dengan cara menghilangkan kutil dengan bawang putih. Intinya berhati-hati terhadap barang-barang yang sudah Anda gunakan untuk membersihkan kutil agar virus tidak berpindah ke area tubuh lainnya. Biasakan untuk tidak menaruhnya sembarang dan lakukan pencucian segera agar virus tidak menyebar kemana-mana.

 Mencegah penyebaran kutil setelah pengobatan

Jika Anda sedang mengalami serangan penyakit kulit termasuk kutil sebaiknya tidak melakukan beberapa hal yang dapat mempercepat pertumbuhannya. Walaupun sudah mengobatinya sesuai cara menghilangkan kutil dengan bawang putih bukan berarti Anda bisa mengabaikan kebersihan kulit. Hilangkan kebiasaan memotong kuku dengan menggigitinya karena kutil suka sekali terhadap kulit rusak. Tinggalkan kegiatan menyikat atau mencukur kulit yang berdekatan dengan tumbuhnya kutil. Kontak dengan barang-barang orang lain yang sedang menderita kutil juga tidak perlu dilakukan.

Baca Juga  Cara Mengobati Gigi Ngilu Karena Gigi Berlubang

Kutil adalah salah satu penyakit yang menyerang bagian terluar dari lapisan kulit. Human papilloma virus cenderung menyerang area tubuh tertentu seperti tangan dan telapak kaki tapi tidak menutup kemungkinan tumbuh di beberapa bagian tubuh lain seperti wajah.  Ada beberapa metode penyembuhan kutil yaitu cara menghilangkan kutil dengan bawang putih, bawang merah, cuka yang merupakan metode pengobatan alami. Adapun cara penyembuhan lain yang bisa Anda coba yaitu pembekuan dengan obat khusus pembeku, atau menggunakan salicylic acid. Jika Anda belum mendapatkan hasil dari racikan obat bahan tradisional, sebaiknya segera menemui dokter untuk mendapatkan obat terbaik sehingga tidak menimbulkan reaksi buruk pada kulit.

Tags: