Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi

Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi – Batuk dan Pilek merupakan hal yang biasa bagi orang dewasa. Apalagi pada saat pergantian musim baik dari kemarau ke penghujan ataupun penghujan ke kemarau. Daya tahan tubuh yang kurang akan menyebabkan seseorang mudah terkena flu dan batuk.

Batuk dan pilek pada bayi akan sangat menganggu perasaan seorang ibu. Pasalnya bayi yang berumur kurang dari 1 tahun masih belum bisa untuk mengeluarkan ingusnya sendiri yang disertai dengan batuk. Selain itu, tak jarang bayi juga mengalami demam. Demam yang tinggi kisaran 38 – 40 derajat cecius haruslah diwaspadai. Pasalnya, terdapat indikasi lain ataupun sebagai gejala dari penyakit yang lebih berat. Dengan kita memeriksakannya ke dokter lebih awal dapat mencegah dan mendapat penanganan yang tepat jika terdapat indikasi penyakit lain.

Penyebab Pilek Pada Bayi

Pilek pada bayi banyak disebabkan oleh virus. Bayi dengan umur kurang dari 5 tahun masih memiliki daya tahan tubuh yang kurang. Sistem inunitas belum terbentuk dengan sempurna membuat tubuh mudah terkena virus ataupun bakteri. Maka dari itu, lingkungan dan makanan untuk bayi haruslah bersih dan sterill. Dianjurkan untuk Asi Eklusif selama 0 – 6 bulan juga dapat membantu membentuk sistem imunitas dalam waktu yang cepat.

Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi

Jika bayi anda sudah mengalami batuk dan pilek diumur 1 atau 2 bulan maka perlu pengawasan yang serius. Pasalnya, pilek merupakan lendir yang terdapat di hidung dan saluran pernafasan. Jika terlalu banyak akan membuat bayi tidak dapat bernafas. Maka dari itu, cara mengobati bayi pilek tanpa obat yakni dengan sang ibu menghisap lendir dihidung sang bayi secara perlahan. Jika ingin memberikan obat, pastikan direkomendasikan dari dokter. Pasalnya, obat – obatan yang dijual dipasaran memiliki efek samping yang kebanyakan digunakan oleh orang dewasa. Jadi, jika digunakan ke bayi atau balita tanpa rekomendasi dari dokter akan sangat memberatkan nantinya.

Selama mengalamibatuk dan pilek tetap pastikan untuk terus mengkonsumsi asi jika memang masih dibawah 6 bulan. Jika sudah lebih dari 6 bulan anda bisa memberikan soup hangan dengan tekstur yang lembut untuk meringankan pilek.

Baca Juga  Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Wanita

Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi selanjutnya adalah dengan menjemur di sinar matahari pagi. Sinar matahari dipagi hari mengandung banyak Vitamin D sehingga akan membantu untuk pembentukan sistem kekebalan tubuh. Tidak usah terlalu lama, cukup 10 – 15 menit saja setiap pagi, sambil anda ajak jalan jalan.

Posisi tidur saat bayi sedang menderita batuk dan pilek juga harus diperhatikan. Posisi yang benar yakni agak meninggikan posisi kepala sehingga, jika terdapat sebuah lendir “ingus” bisa turun dan keluar.

Ada beberapa kondisi dimana batuk dan pilek pada bayi malah semakin parah serta kondisi – kondisi ini harus anda hindari untuk menyembuhkan batuk serta pilek dengan cepat.

Hindari ruangan berAC saat bayi mengalami pilek dan batuk. Pasalnya, hawa dingin diruangkan hanya akan membuat hidung semakin tersumbat.  Selain itu, jika suhu tubuh bayi hingga 39 Р40 derajat celcius segera periksakan kedokter bayi.

Demikain ulasan mengenai Cara Mengobati Batuk dan Pilek Pada Bayi Usia 1 – 6 Bulan. Tetap jaga kondisi bayi anda. Seperti yang saya bilang diatas, karena sistem imun tubuh yang belum terbentuk sempurna memudahkan bayi untuk terserang virus dan bakteri.

Tags: