Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat dan Tidak Perih

Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat dan Tidak Perih – Sariawan merupakan penyakit mulut yang sering bahkan setiap orang pernah mengalaminya. Banyak orang yang mengabaikan atau tidak mengobati sariawan dengan cepat “disepelekan” karena pada dasarnya sariawan bukanlah penyakit yang parah. Akan tetapi, jika tidak lekas untuk diobati akan menganggu pada saat kita sedang menguyah makanan rasa perih dan sakit yang akan timbul. Sehingga, akan menyebabkan nafsu makan menurun dan mempengaruhi kesehatan anda.

Penyebab sariawan seringkali oleh perbuatan kita sendiri. Seperti luka akibat tergigit dan kekurangan Vitamin C. Selain itu, juga bisa disebabkan oleh gejala dari penyakit akut seperti halnya AIDS dan Kanker. Tapi anda tidak perlu khawatir, pasalnya gejala sariawan yang menyebabkan kedua hal tersebut biasanya sudah menahun dan sariawannya tidak kunjung sembuh malah membesar.

Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat dan Tidak Perih

Untuk mengobati Sariawan bisa menggunakan bahan – bahan alami yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Untuk penggunaan bahan kimia atau obat – obatan juga bisa saja namun harus memilih yang benar – benar sehat.

  • Mencukupi Kebutuhan Gizi Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa penyebab sariawan karena kekurangan Vitamin C dan juga Vitamin B2 dan Zat Besi. Untuk mengatasinya yakni anda tinggal mencukupi zat gizi tersebut bisa melalui suplemen ataupun makanan yang kaya akan zat gizi tersebut.

Vitamin C banyak berada dalam buah – buahan yang berwarna kuning dan hijau. Seperti jambu biji, jeruk, nanas, jeruk nipis dan pisang. Untuk Vitamin B12 terdapat pada telur, daging ayam dan yougurt sedangkan untuk Zat Besi banyak pada daging merah dan ikan laut.

  • Air Garam

Garam beryodium salah satu bumbu yang jika tidak ditambahkan dalam suatu makanan rasanya akan hambar. Selain itu, fungsi bagi kesehatan mulut cukup beragam yakni membersihkan mulut, menghilangkan bau mulut, meredakan radang tenggorokan dan yang terahir yakni menyembuhkan sariawan. Caranya sangat simpel, campulkan 1 – 2 sendok makan dengan 1 gelas air (200 ml) kemudian air tersebut gunakan untuk berkumur.

Ada cara lain yakng lebih ampuh untuk mengobati sariawan yakni dengan menempelkan sedikit garam ke bagian rongga mulut yang terkena sariawan. Dengan cara ini dijamin langsung sembuh dalam beberapa jam saja. Namun, dengan cara ini akan menimbulkan rasa perih yang tak tertahankan. Hal ini bagian dalam membunuh bakteri yang ada pada sariawan, karena pada dasarnya garam bersifat antibakteria.

  • Daun Sirih

Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang masih digunakan sampai saat ini. Selain bermanfaat untuk kewanitaan, daun sirih juga baik dan ampuh untuk memyembuhkan sariawan di rongga mulut, baik bagian lidah bibir atau dinding – dinding mulut.

Baca Juga  Tips Untuk Anda yang Suka Berlari

Cara menggunakan daun sirih untuk mengobati sariawan sangat mudah, anda bisa merebus 1 – 2 daun sirih dengan 2 gelas air kemudian tunggu hingga menjadi 1 gelas. Air seduhan tersbut bisa anda gunakan untuk berkumur. Cara yang lain yakni anda mengunyah 1 – 2 lembar daun sirih hijau kemudian anda “lepehkan” berulang kali. Dengan kedua cara tersebut dijamin sariawan akan sembuh dengan cepat.

  • Air Kelapa Muda

Air kelapa muda sangat cocok diminum pada siang hari apalagi ditambah dengan es, rasanya makin segar. Tetapi apakah kalian tahu, bahwa air kelapa memiliki khasiat menyembuhkan sariawan secara alami ? Sebelum ditemukannya obat – obatan pada jaman dahulu air kelapalah yang menjadi obat alami untuk menyembuhkan sariawan.

Air kelapa yang mengandung senyawa elektrolit mampu meredakan panas dalam yang menyebabkan sariawan. Sehingga, panas dalam reda sariawanpun ikut sembuh. Dengan begitu, anda tidak akan merasakan perih saat mengobati sariawan karna menggunakan cara alami.

  • Blimbing Sayur / Blimbing Wuluh

Blimbing wuluh termasuk dalam bauh yang kaya akan Vitamin C. Jika digunakan untuk mengobati sariawan bisa dengan mengunyahnya sampai halus kemudian ditempatkan pada bagian yang terkena sariawan. Kemudian berkumur menggunakan air hangat.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat dan Tidak Perih, anda bisa melakukannya setiap hari agar sariawan lekas sembuh.