Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Penyebab Bau Badan Tidak Sedap – Bau badan adalah hal yang lumrah pada setiap orang. Yang menjadi permasalahan jika bau badan yang ditimbulkan tidap sedap seperti asin, asam, kecut, pesing dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja akan membuat atau mengurangi rasa percaya diri untuk berhadapan dengan lawan bicara. Seringkali kita menggunakan parfum ataupun deodoran untuk menetralisir bau tidak enak pada badan kita. Tapi, apakah kalian tahu bahwa menggunakan produk tersebut hanya menghilangkan secara sementara.

Maka dari itu, diperlukannya cara untuk mengatasi bau badan. Pada dasarnya bau badan ditimbulkan dari keringan yang dihasilkan pada saat kita sedang beraktifitas. Jika badan kita sehat, maka keringan yang ditimbulkan akan tidak berbau. Selain itu, banyak penyebab bau badan tidak sedap yang lainnya yang akan kita bahas dibawah ini.

Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Penderita Diabetes Militus

Diabetes atau yang dikenal dengan penyakit gula adalah kondisi dimana kadar dalam darah tidak bisa dikendalikan yang disebabkan karena kelainan pada produksi insulin. Kadar gula dalam darah yang jumlahnya berlebih dapat menjadi ketoasidosis yang dapat menyebabkan bau baik pada keringat/badan, bau mulut dan urine. Makadari itu, pentingnya bagi anda yang sudah menderita diabetes militus untuk menjaga pola makan agar kadar gula darah tetap stabil.

Obesitas

Jika anda perhatikan, seringkali orang yang memilki berat badan berlebih atau gemuk memiliki bau badan yang kurang sedap. Apakah kalian tahu ? penyebabnya adalah karena pori – pori orang gemuk lebih banyak serta letaknya yang tersembunyi dilekukan-lekukan kulit tubuh. Sehingga, ketika saluran keringan terhambat dan mengendap dilekukan – lekukan tubuh. Hal inilah yang menyebabkan beberapa orang obesitas memiliki bau yang kurang sedap pada keringatnya.

Rokok dan Minuman Beralkohol

Pola hidup tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan bau badan yang cukup sulit untuk menghilangkannya. Selain dilarang oleh agama, minuman beralkohol juga sangat tidak baik bagi tubuh. Jika seseorang menjadi perokok aktif dan pemabuk yang berat aroma rokok ataupun alkohol bisa masuk sampai ke darah dan keringatnya. Bahkan saat kita berpapasan saja sudah tercium bau yang tidak sedap. Maka dari itu, hindari 2 hal ini agar bau badan anda tetap netral.

Baca Juga  Manfaat Soda Kue Dalam Perawatan Kecantikan

Jenis Kelamin

Jenis kelami juga mempengaruhi bau badan, bau badan pria lebih menyengat daripada wanita. Hal ini dikarenakan aktivitas yang dilakukan pria lebih berat serta membutuhkan tenaga yang lebih sehingga keringat cukup banyak yang dikeluarkan. Selain itu, dalam segi kebersihan bisa dibilang wanita lebih unggul. Hal ini dibuktikan dari lamanya waktu mandi. Dapat pastika wanita lebih lama dalam hal bersih – bersih dan sangat memperhatika sabun ataupun shampoo yang digunakan.

Apalagi bagi remaja yang sedang mengalamo proses pubertas pada usia 10 -15 tahun. Hal ini dikarena tubuh lagi giat – giatnya untuk memproduksi hormon untuk persiapan masa dewasa.

Toksin / Racun

Proses pembuangan racun dalam tubuh oleh hati mampu menimbulkan bau badan tidak sedap jika dalam jumlah yang banyak. Racun atau toxin bisa didapat melalui makanan tidak sehat yang dikonsumsi. Maka dari itu, cukup penting untuk menjaga pola makan serta mengkonsumsi makanan yang bergizi. Selain membuat tubuh sehat, juga terhindar dari bau badan.

Demikian ulasan mengenai Penyebab Bau Badan Tidak Sedap, setelah membaca beberapa penyebab diatas diharapkan agar anda bisa menghindari hal – hal tersebut serta mengubah pola hidup yang sehat. Selain itu, jika anda sudah memiliki bau keringan asam bisa membaca Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Permanen.