Pola Hidup Sehat Ala Rosulullah SAW

Pola Hidup Sehat Ala Rosulullah SAW – Dalam Agama Islam Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan terbaik bagi umat manusia yang pernah ada. Pasalnya, apa yang dilakukan oleh Rosul merupakan hal yang baik, begitu pula dalam beliau menjalani hidup sehari – hari. Seperti yang kita ketahui bahwasannya Rosulullah SAW sangat jarang sekali mengalami sakit. Diriwayatkan bahwa rosul sakit hanya 2 kali dalam hidupnya yakni saat menerima wahyu pertama dan menjelang beliau wafat. Hal ini bukan tanpa asalan, pasalnya dalam menjalani hidup beliau mencontohkan bagaimana Gaya Hidup Yang Sehat. Nah, berikut adalah Tips Hidup Sehat Ala Rosulullah yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari – hari.

Pola Hidup Sehat Ala Rosulullah SAW

Pola Makan Rosulullah Saw

Nabi SAW bersabda : Dari Zakaria bin Abi Zaidah dari AL Sya’bi Berkata : saya mendengar Nu’man bin Basyir berkata diatas mimbar dan ia mengarahkan jarinya pada telinganya, saya mendengar Rasul SAW bersabda :”halal itu jelas, haram pun juga jelas, diantaranya adalah subhad, tidak banyak orang yang mengetahui”.

Barang siapa menjaga diri dari subhad , maka ia telah bebas untuk agama dan harga dirinya, barang siapa yang terjerumus dalam subhad maka ia diibaratkan pengembala disekitar tanah yang dilarang dikawatirkan terjerumus. Ingatlah sesungguhnya setiap pemimpin punya bumi larangan. Larangan allah adalah hal yang diharamkan oleh allah, ingatlah bahwa sesungguhnya dalam jasad terdapat segumpal daging jika baik maka baiklah seluruhnya, jika jelek maka jeleklah seluruh tubuhnya, ingat daging itu adalah hati (HR. Muttafaqun Alaih).

Dari sini kita sudah sangat jelas untuk mengkonsumsi makanan yang halal dan menjauhi makanan yang haram. Ini adalah hal yang penting dalam menjaga hidup yang sehat. Selain halal juga mengkonsumsi makanan yang toyib (baik/sehat).

Al-Quran Surat Al A’raf ayat 31, “Hai anak Adam, kenakan pakaianmu yang indah disetiap memasuki masjid, makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya allah tidak menyukai orang-orang yang belebih-lebihan.”

Baca Juga  Cara Agar Cepat Hamil Setelah Menikah

Rosulullah juga melarang untuk makan dan minum secara berlebihan. “Kami adalah kaum yang tidak makan sebelum merasa lapar dan bila kami makan tidak pernah kekenyangan.” (HR Bukhari Musim).

Pola Tidur Rosulullah Saw

Pola Hidup Sehat Rosul yakni Tidur Lebih Awal dan Bangun Lebih Awal. Sehingga, Rosulullah SAW tidak suka untuk berbincang – bincang setelah shalat isyak adapun hanya seperlunya saja. Beliu, juga bangun disepertiga malam untuk melakukan sholat malam dan kemudian melakukan sholat subuh berjamaah dimasjid.

Sudah banyak penelitian menyebutkan bahwa tidur larut malam (begadang) rentan terserang berbagai penyakit. Pasalnya pada pukul 00.00 – 02.00 ini adalah waktu dimana tubuh membentuk imunitas dan hormon – hormon disaat anda tidur. Jadi, jika anda begadang dan tidak tidur pada jam tersebut pembentukan imun dan hormon juga tidak terjadi.

Selain itu, sholat subuh berjamaan dimasjid bukan tanpa alasan, hal tersebut sangat baik untuk kesehatan. Pasalnya udara pagi masih sangat alami sehingga baik untuk otak, saluran darah dan menyehatkan paru – paru. Serta, jalan pagi menuju masjid merupakan olahraga ringan yang jika dilakukan terus menerus dapat terhindar dari penyakit tulang seperti pengeroposan tulang dini.

Jenis Olahraga Rosulullah SAW

Olahraga yang digemari rosul yakni memanah dan berenang. Selain itu, rosulullah juga gemar jalan kaki. Pasalnya saat menuju ke masjid, pasar serta kerumah sahabat beliau selalu jalan kaki.

Jalan kaki adalah bentuk olahraga yang mudah dan ringan. Seperti yang kita ketahui banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dengan rajin berolahraga. Seperti terhindar dari penyakit jantung, obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, osteoporosis dan menyehatkan otak.

Rajin Berpuasa

Saat berpuasa, menahan haus dan lapar ternyata memiliki banyak manfaat yang diberikan. Nabi Muhammad selain menjalankan puasa Ramadhan, juga menjalankan puasa sunnah yang lainnya seperti puasa senin dan kamis.

Baca Juga  Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Dengan berpuasa secara rutin terbukti mampu untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan gula darah, menyeimbangkan kadar hormon, serta berpuasa juga sebagai waktu untuk mengeluarkan racun – racun didalam tubuh.

Hati Yang Suci dan Bersih

“Tak boleh bersikap iri kecuali dalam dua hal. Pertama terhadap orang yang memiliki kekayaan dan mempergunakannya untuk menegakkan yang haq. Kedua terhadap orang yang memiliki pengetahuan dan rajin menyebarkannya pengetahuannya itu kepada orang banyak.” (HR.Bukhari)

Dalam islam diajarkan untuk memiliki sifat – sifat yang baik serta menjaga kesucian hati. Memiliki sifat sabar, iklas, rendah hati dan juga tidak iri dengki secara tidak langsung dapat menghindarkan anda dari penyakit. Pasalnya jika dalam kehidupan anda dipenuhi dengan sifat iri maka yang timbul adalah rasa yang kurang puas sehingga menjadi beban pikiran. Jika terus berlanjut akan berdampak kepada gangguan psikologi berupa stress. Stres merupakan pintu awal dari penyakit – prnyakit untuk masuk. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk menghindari sifat – sifat tercela dalam hari kita.

Baca juga : Pola hidup sehat

Demikian ulasan mengenai Pola Hidup Sehat Ala Rosulullah SAW, anda dan saya juga bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari hari agar hidup lebih tenang dan tentram terhidar dari penyakit. Ingat pepatah lama mengatakan bahwa “sehat itu mahal” karena jika kita sudah sakit maka akan menggelontorkan biaya untuk menyembuhkannya.