Pasangan Baru, Inilah Beberapa Tips Cepat Hamil yang Harus Anda Tahu

Pernikahan tentu menjadi hal besar dalam kehidupan setiap orang. Tidak heran jika perencanaan pernikahan seringkali memakan waktu lama. Setelah menikah, biasanya para pasangan langsung memikirkan tentang kehamilan. Kehamilan sendiri memang bergantung dari ragam faktor yang kerapkali sulit untuk diprediksi. Banyak juga pasangan yang menanyakan tips cepat hamil sehingga segera memiliki anak.

Perlu diketahui jika peluang wanita untuk bisa hamil setiap bulan ada 15% hingga 25%. Jika Anda berhubungan seks saat masuk masa subur, yakni ketika ovarium berovulasi atau melepaskan sel telur, maka peluangnya akan semakin besar. Sel telur ini akan bisa bertahan 12 hingga 24 jam usai dilepaskan. Proses seperti ini bisa terjadi pada 14 hari setelah masa haid pertama untuk wanita yang punya siklus haid normal yakni 28 hari. Ini bisa jadi tips cepat hamil yang bisa Anda lakukan.

Tips Cepat Hamil untuk Pasangan Baru

Kehamilan sendiri bisa terjadi saat sperma membuahi ke sel telur di masa ovulasi. Meski demikian, jika Anda berhubungan seks pada masa tersebut pun kemungkinan hamil tetap bisa karena sperma bisa bertahan hidup hingga 7 hari di tubuh wanita. Jika sudah mencapai tuba falopi, maka sperma akan menunggu sampai sel telur dilepas sehingga Anda tak usah khawatir meskipun bingung dengan perhitungan masa suburnya. Namun, ada tips cepat hamil lainnya yang bisa Anda maksimalkan berikut ini: 

1.    Teratur dalam berhubungan seks

Teratur berhubungan seks membantu mempercepat kehamilan

Tips cepat hamil yang pertama adalah Anda dan pasangan harus teratur dalam berhubungan seks. Hal ini lantaran peluang sperma untuk bisa membuahi sel telur bisa dibilang tidak terlalu besar yakni 4 hingga 5 hari jelang masa ovulasi. Untuk itu, ada baiknya Anda berhubungan seks di periode ini. Tapi beberapa penelitian menunjukkan jika tubuh bukanlah seperti mesin yang bisa berproses secara tepat waktu sehingga masa ovulasi bisa bergeser lantaran banyak faktor. Karena alasan inilah maka Anda dan pasangan harus saling berkomitmen untuk melakukan seks secara teratur. Anda bisa melakukannya 3 hingga 4 kali dalam seminggu. Selain itu, dari segi pria pun usahakan memiliki kadar sperma cukup dan jangan menggunakan alat kontrasepsi. 

2.    Gaya hidup sehat

Hidup sehat membantu mempercepat kehamilan

Perencanaan kehamilan juga tidak bisa dilepaskan dari kondisi kesehatan Anda berdua. Untuk itu, tips cepat hamil yang juga penting adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Beberapa cara yang bisa dilakukan misalnya:

·      Lakukan olahraga dengan teratur sehingga bisa meningkatkan tingkat kesuburan. Tapi Anda juga perlu ingat jika berolahraga dengan intensitas berlebihan juga bisa berakibat buruk. Untuk itu olahraga yang normal saja.

·      Berikan waktu tubuh untuk bisa istirahat yang cukup agar energi di tubuh terjaga.

·      Perhatikan konsumsi makanannya dan pilih makanan yang bernutrisi tinggi.

·      Biasakan untuk mencuci tangan sebelum masak dan makan. Selain itu perhatikan juga kebersihan makanannya.

·      Anda juga bisa memeriksakan diri ke dokter sehingga bisa mengetahui benar kondisi kesehatan Anda secara berkala.

3.    Penuhi nutrisi yang dibutuhkan untuk cepat hamil

penuhi nutrisi untuk mempercepat kehamilan

Bagi Anda yang ingin segera memiliki anak, maka nutrisi dan juga vitamin sangat diperlukan. Tips cepat hamil yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperhatikan asupan keseharian. Berikut ini beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan:

·      Zinc –zinc adalah nutrisi penting untuk bisa dikonsumsi wanita maupun pria yang ingin segera memiliki momongan. Zinc yang disarankan untuk dikonsumsi yakni 10 mg per harinya. Zinc sendiri bisa didapatkan dari beberapa makanan mulai dari roti, produk olahan dari susu, kepiting, kerang, tiram dan lobster.

·      Kalsium – kalsium juga sangat dibutuhkan untuk bisa memastikan agar sistem reproduksi bisa bekerja baik. Tips cepat hamil yang bisa Anda lakukan tentu dengan mengkonsumsi berbagai olahan dengan kalsium tinggi misalnya kacang almond, sayuran dengan daun hijau, olahan kedelai dan produk olahan dari susu.

·      Zat besi – calon Ibu tidak boleh kekurangan zat besi jika ingin segera memiliki momongan. Hal ini karena jika zat besinya tidak tercukupi, maka Anda akan bisa terserang anemia. Anemia inilah yang kerap mengganggu siklus haid sehingga kehamilan menjadi lebih sulit. Beberapa makanan dengan kandungan zat besi misalnya sayur hijau, kacang polong, daging tanpa lemak hingga oatmeal.

·      Asam folat –untuk bisa lengkapi vitamin dan nutrisi lainya, asam folat sangatlah penting dan disarankan dalam perencanaan kehamilan. Asam folat ini hampir selalu ada untuk tips cepat hamil karena vitamin ini bisa membantu cegah cacat lahir nantinya. Tak heran jika wanita di usia subur banyak direkomendasikan asam folat yang bisa ditemukan di pepaya, pisang, telur, tomat, gandum utuh, jeruk hingga beras putih dan alpukat. Bagi yang ingin cepat hamil juga bisa dengan konsumsi suplemen asam folat.

Dalam hal makanan pilihan untuk melancarkan kehamilan, ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Hal ini karena kondisi tubuh tiap orang yang berbeda-beda, terlebih jika Anda sedang dalam masa pengobatan atau memiliki riwayat penyakit tertentu.

4.    Menghentikan kebiasaan tertentu

menghentikan kebiasaan buruk untuk pola hidup sehat

Jika ingin tips cepat hamil, maka Anda pun harus menghentikan kebiasaan tertentu yang bisa menjadikan kehamilan lebih lambat terjadi, diantaranya:

·      Merokok adalah kebiasaan buruk pertama yang harus dihentikan. Selain buruk untuk kesehatan, merokok juga bisa mengurangi tingkat kesuburan. Ketika nantinya Anda berhasil hamil, hindari rokok karena bisa membahayakan kandungan.

·      Batasi konsumsi kafein karena juga bisa berpengaruh pada perencanaan kehamilan.

·      Minuman beralkohol dan juga narkoba pun akan bisa berpotensi menurunkan tingkat kesuburan. Bahkan jika Anda sudah hamil, alkohol dan narkotika akan bisa bahayakan calon bayinya.

·      Jika ada vitamin yang disarankan, maka ada juga vitamin yang tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi yakni vitamin A.

·      Kebiasaan konsumsi telur dan daging setengah matang, serta ikan-ikanan mentah juga seharusnya dihentikan. Hal ini karena beberapa makanan tersebut mengandung virus, bakteri hingga parasit. Ikan yang berpotensi mengandung merkuri dan juga susu tidak terpasteurisasi pun akan mengganggu usaha Anda untuk bisa segera memiliki momongan.

5.    Rutin cek kesehatan dan lakukan imunisasi

Konsultasi ke dokter

Cek kesehatan juga perlu dilakukan untuk bisa selalu memantau kondisi kesehatan Anda dan pasangan. Anda pun juga nantinya bisa mengetahui berbagai macam kemungkinan yang dapat mengurangi keberhasilan dalam program hamil yang Anda lakukan. Selain itu, lakukan juga imunisasi campak Jerman atau rubella sehingga bisa kurangi risiko infeksi atau hal yang tidak diinginkan lainnya.

Baca juga : Ciri ciri orang hamil

Baca Juga  Cara menghilangkan gatal dan penyebab gatal

Jika semakin lama masa penantian dan juga percobaan Anda dan pasangan untuk bisa hamil, maka tentunya usaha yang harus dilakukan harus makin keras juga. Jika tips cepat hamil sudah seluruhnya Anda lakukan dan belum berhasil juga, maka berkonsultasilah dengan dokter kandungan sehingga program hamil bisa dipersiapkan. Nantinya dokter akan memberikan saran, tambahan vitamin dan tentu perawatan tertentu sehingga Anda bisa segera mendapatkan momongan.

Tags: